Memilih Paket Umroh Terbaik di Bandung


Maraknya penipuan dengan menggelapkan uang para calon jemaah yang ingin berangkat umroh saat ini tentu saja membuat khawatir masyarakat kita yang ingin menggunakan jasa biro travel umroh. Budi Firmasyah, Anggota Dewan Kehormatan AMPHURI, mengingatkan masyarakat untuk berhati-hati dan selektif dalam memilih paket umroh.

Lalu bagaimana caranya memilih biro travel umroh yang terpercaya? Salah satunya adalah dengan memilih biro travel umroh yang sudah resmi terdaftar. Menjadi Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) bukanlah hal yang mudah. Sebab, pada dasarnya, agen tersebut haruslah yang sudah terdaftar di Kementerian Agama Republik Indonesia.

Ada dua cara yang bisa dilakukan. Pertama, datanglah langsung ke departemen agama setempat dan kemudian tanyakan kepada petugas di sana daftar PPIU yang resmi. Cara yang kedua, yaitu buka website resmi Kementerian Agama dan cek apakah nama biro travelnya tercantum atau tidak. Mudah sekali dan tidak merepotkan.

Nah, di bawah ini ada empat biro travel tepercaya di Bandung yang sudah mengantongi izin dari Kementerian Agama. Silakan dipelajari lebih seksama dan pilih mana biro travel yang akan menjadi pemandu selama menjalankan umroh. Tentunya perlu dicatat, pilihlah biro travel yang nyaman dan tidak merepotkan diri sendiri.


RabbaniTour

RabbaniTour adalah salah satu biro travel umroh yang dikenal sosok itu di Bandung. Biro travel ini telah memiliki izin umroh PPIU/31/2017 dan pernah meraih penghargaan sebagai biro perjalanan wisata tersertifikasi oleh Badan Akreditasi Nasional. Lokasi kantornya ada di Jl. Lengkong Kecil Bandung dan memiliki tagline "Sahabat Anda Menuju Baitullah".

Beberapa paket umroh yang ditawarkan adalah Paket Umroh Reguler dan Paket Umroh Plus. Paket Umroh Reguler meliputi ibadah umroh pada umumnya serta hanya fokus pada dua kota Mekah dan Madinah. Penerbangan bisa dipilih yang langsung atau transit, sesuai kebutuhan. Begitu pula dengan pemilihan hotel bintang tiga atau lima.

Sedangkan Paket Umroh Plus ditawarkan dengan tambahan ziarah ke beberapa negara di Eropa atau lebih memilih Turki, Spanyol, Maroko, dan Uzbekistan. Bisa juga memilih beberapa kota seperti Aqso, Dubai, dan Kairo. Pilihan hotel yang ditawarkan adalah hotel bintang empat dan lima, tidak ada bintang tiga.

Qiblat Tour

Qiblat Tour juga merupakan biro travel umroh yang begitu dikenalnya karena kantornya sering dilewati saat hendak ke Dago. Lokasi kantornya terletak di Jl. Taman Cibeunying Selatan Bandung. Biro travel yang berdiri sejak 2004 dan telah bersertifikat ini menawarkan paket umroh reguler, umroh plus, umroh eksekutif, dan umroh by request.

Paket Umroh Reguler yang dikelola Qiblat Tour sama dengan yang dikelola RobbaniTour, tetapi masih dibagi dua lagi menjadi Paket Shofwah dan Paket Marwah dimana paket pertama lebih mahal dibanding paket kedua. Paket Umroh Plus sama dengan paket umroh reguler, lalu ditambah berziarah ke beberapa kota pilihan.

Misalnya saja ingin ke Istanbul, Al-Aqso, Cairo, atau ke Dubai. Harganya tentu berbeda untuk tiap-tiap kota tersebut. Harga paling mahal adalah Paket Umroh Plus Al-Aqso sedangkan yang paling murah adalah Paket Umroh Plus Cairo. Untuk Paket Umroh Eksekutif dan Paket Umroh By Request disesuaikan dengan keinginan jamaah.

Safari Suci

Safari Suci adalah biro travel umroh yang begitu dikenal di Bandung, karena sudah berdiri sejak tahun 1988. Lokasi kantornya terletak di Jl. Taman Citarum Bandung dengan pembimbing utama Prof. Dr. KH. Miftah Faridl. Paket umroh yang ditawarkan meliputi Paket Umroh Reguler, Umroh Plus, dan Umroh Stop Over.

Paket Umroh Reguler sama dengan yang ditawarkan oleh biro travel yang sudah dijelaskan sebelumnya. Rata-rata berlangsung selama 9 hari dengan tujuan Madinah, Mekah, dan Jeddah. Sedangkan Paket Umroh Plus, selain mendapatkan paket umroh reguler para jamaah juga bisa berziarah ke Amman-Aqso, Cairo-Mesir, Istanbul-Turki, atau ke Eropa.

Mengapa ziarah ini penting? Karena para jamaah bisa berkunjung ke Laut Mati, Bukit  Nebo, dan Goa Kahfi kalau ingin pergi ke Amman-Aqso. Semua tempat itu dikisahkan di dalam ayat-ayat Al-Quran. Begitu pula dengan tempat-tempat seperti piramida di Cairo dan menyaksikan kemegahan Aya Sophia di Istanbul.

Paket Umroh Madinah Iman Wisata

Madinah Iman Wisata (MIW) adalah biro travel umroh yang memiliki tagline Pasti, Nyaman, dan Tanpa Repot. Kepastian berangkat yang ditawarkan pihak MIW adalah karena biro travel ini sudah membeli tiket pesawat ke maskapai plus kamar hotel di Mekah dan Madinah. Mereka berani ambil resiko rugi jika paket tidak terjual habis.

Semua itu tentu saja demi pelayanan dan kepastian pemberangkatan jamaahnya. Itulah mengapa jamaah MIW sampai saat ini tidak pernah ada yang gagal berangkat. Faktor kenyamanan juga menjadi prioritas karena perjalanan umroh adalah perjalanan ibadah. Bersusahpayah dalam ibadah akan menjadi pahala di sisi Allah.

Namun bukan berarti perjalanan umroh harus capek dan tidak boleh nyaman. MIW selalu apik dalam memilih hotel dan akomodasi bagi jamaahnya. Sehingga jamaah di tanah suci merasa nyaman, baik selama di tanah suci maupun ketika pulang ke tanah air dalam keadaan segar fisik dan ruhaninya. Kenyamanan ini mutlak.

Kenyamanan tersebut juga didapatkan karena jamaah MIW sudah dijamin tanpa repot. Misalnya saja disewakan lounge selama menunggu di bandara, ada tim handling untuk membantu jamaah dalam mengurus koper dan perlengkapan lainnya, juga adanya Tour Leader MIW yang sudah tersertifikasi.

Madinah Iman Wisata
adalah biro umroh yang berpengalaman cukup lama dan tercatat ada 21.848 jamaah yang sudah berangkat umroh selama periode 2016-2019. Kantor pusatnya berada di Ruko Harvest Bintaro Tangerang Selatan, tetapi telah memiliki 34 kantor cabang di 13 provinsi. Salah satunya adalah di Bandung.

Mereka pun sudah mendapatkan sertifikat sebagai biro travel yang memiliki SNI ISO/IEC 17021:2011. Legalitas ini penting agar para jamaah tidak tertipu oleh biro umroh abal-abal, jadi lebih dari sekadar biro travel berizin. Jangan percaya juga dengan harga promo yang murah karena umroh itu memang tidak murah.

4 Tips Memilih Biro Travel Umroh yang Aman dari Penipuan

  1. Pastikan biro travel tersebut memiliki izin resmi dari Kementerian Agama dan memiliki sertifikat. Pelajari sejarahnya saat membawa jamaah umroh dan tidak pernah ada masalah selama berdiri.
  2. Jangan melakukan pembayaran pelunasan demi mendapatkan porsi waiting list umroh. Waiting list umroh bukan merupakan pendaftaran resmi menjadi peserta umroh. Pembayaran pelunasan biaya umroh, hendaknya dilakukan jika pihak biro travel sudah memiliki program yang jelas dan jadwal penerbangan + fasilitas hotel yang pasti.
  3. Jika harus membayar, pastikan dana tersebut menjadi bagian dari DP (Down Payment), dan yang dibayarkan harus lebih sedikit dari jumlah DP. Misalnya, DP Umroh adalah 5 juta rupiah, maka pembayaran tanda booking waiting list yang wajar dan aman adalah 1 juta sampai 2 juta rupiah saja.
  4. Mintalah bukti pembayaran resmi dan pernyataan dari pihak biro travel bahwa pembayaran dana tersebut sebagai tanda booking waiting list dan berlaku sebagai bagian dari DP Umroh. Setelah itu periksalah daftar nama peserta waiting list umroh dan nomor urutnya.
PT. Madinah Iman Wisata (MIW)
Instagram @miwtravelofficial
Facebook Fanspage: Madinah Iman Wisata Travel
Website https://miw.co.id/

Post a Comment

14 Comments

  1. Biro travel yang terpercaya harus memang harus dicek baik2 ya, apqkah terdaftar resmi atau tidak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu syarat utamanya, resmi terdaftar gak ^_^

      Delete
  2. kalau mendapat travel agent yang terpercaya enak yaa kang...jadi ngga was - was kita

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, dan ibadah pun bisa dijalani dengan enak

      Delete
  3. MIW salah satu biro travel yang terpercaya ya, apalagi sudah banyak kiprahnya.
    Sukses selalu, semoga kita segera bisa menginjak tanah suci yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. satu dari empat biro travel di Bandung yang tepercaya ^_^

      Delete
  4. Untuk umroh memang kudu milih yang terbaik ya. Bukan hanya dilihat dari harganya, tetapi juga pelayanan dan kenyamanannya. Apalagi sekarang banyak travel umroh yang murah dan ngasih iming-iming begini begitu. Pada kenyataanya, mereka justru tidak amanah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus ... bagaimanapun ini kan untuk ibadah kita sendiri. harus benar-benar memilih biro travel yang amanah dan bikin nyaman

      Delete
  5. milih travell agency buat umroh emang kudu yang terbaik ya bang, buat semua yang memilih umroh di masa pandemic kaya gini semoga semuanya diberi kelancaraan

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus yang terbaik, namanya juga buat ibadah yang terbilang gak murah ^_^

      Delete
  6. Thanks keempat tips nya Bang, kadang memang karena takut kehabisan kuota, orang jadi buru-buru bayar ya. Tanpa cek info lebih lanjut. Nice insight!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, karena merasa sudah akan berangkat, jadi weh buru-buru bayar, padahal ....

      Delete
  7. Hatur nuhun sudah berkunjung

    ReplyDelete