Buku Resep Sehat JSR Karya dr. Zaidul Akbar

Jurus Sehat Rasulullah: Hidup Sehat Menebar Manfaat adalah sebuah buku yang membedah tentang pentingnya kembali pada pola hidup yang sejalan dengan Al-Quran dan sunnah Rasulullah. Buku ini disusun oleh dr. Zaidul Akbar, seorang dokter lulusan Universitas Diponegoro, Semarang yang lebih banyak berkecimpung dalam dunia kesehatan islami. Efek dari buku ini memang luar biasa.

Latar belakang beliau hingga mau bergerak di bidang kesehatan Islam atau pengobatan Nabi melalui JSR ini disebabkan oleh kegelisahannya atas konsep-konsep pengobatan modern yang ada saat ini. Di satu sisi memberi sedikit manfaat, di sisi lain memberikan efek yang kurang baik. Atas dasar itulah, beliau mulai berpikir bahwa dengan kesempurnaan agama Islam ini, tentu panduan-panduan kesehatan sebenarnya sudah dijelaskan dalam Al-Quran dan hadits. Masalahnya, apakah umat Muslim bisa menelaahnya?

Alhamdulillah setelah buku pertamanya sukses, kini telah ada buku keduanya yang lebih banyak berisi tentang resep-resep sehat yang mudah dipraktikkan. Semua itu dikumpulkan dalam Buku Resep Sehat JSR yang diterbitkan oleh Penerbit Sygma Media Inovasi. Buku dengan ketebalan 536 halaman ini begitu eksklusif karena menggunakan art paper dan full color.

 

Al-Quran Sebagai Penyembuh atau Obat

Islam adalah rahmatan lil'alamin, rahmat bagi seluruh manusia di dunia ini. Asal menjalankannya dengan baik, insya Allah semua akan baik-baik saja. Al-Quran sebagai pedoman dan petunjuk adalah sumber yang tidak boleh diabaikan. Semua jawaban atas permasalahan manusia ada di sana semua, bahkan termasuk dengan kesehatan. Tidak heran kalau hanya dengan membaca Al-Quran bisa mengobati penyakit tertentu.

Hanya saja semua itu harus dikembalikan lagi pada keimanan seseorang. Pada keyakinan seseorang. Jika diperhatikan pada beberapa kasus, proses kesembuhan beberapa pasien ternyata disebabkan oleh keyakinannya pada proses pengobatan yang dijalaninya. Ada yang setelah disuntik langsung sembuh, padahal cairan suntik yang digunakan dokter hanya plasebo alias air infus biasa, bukan obat.

Ada yang membacakan air putih dengan ayat-ayat Al-Quran dan setelah diminumkan, kesehatan pasien langsung membaik kembali. Islam itu kompleks. Bahkan puasa juga bisa dilakukan sebagai metode pembersihan raga dan ruh/hati. Shalat pun bisa menjadi sarana menjaga kesehatan, di antaranya dengna melaksanakan shalat tahajud (HR At-Tirmidzi). Begitu pula dengan bersedekah (HR Abu Dawud, Ath-Thabrani, Al-Baihaqi).

Ya, pada akhirnya kesehatan itu adalah keseimbangan antara raga dan ruh. Pada titik inilah dr. Zaidul Akbar menulis di Buku Resep Sehat JSR hal. 11 bahwa ada tiga aspek yang harus diperhatikan jika kita ingin senantiasa sehat dan tidak didekati penyakit. Yaitu hati (kalbu) yang sehat, raga yang sehat, dan makanan yang sehat. Dan di sinilah Syaamil Group tidak hanya menerbitkan Syaamil Quran tetapi juga buku-buku islami.

Ketiga aspek tersebut saling memengaruhi dalam melahirkan kondisi kesehatan tubuh. Jika terjadi ketidakseimbangan, bisa dipastikan tubuh akan sakit. Fitrahnya, seluruh tubuh manusia diciptakan dengan baik untuk tunduk dan taat kepada Allah Swt. Di sinilah makanan yang masuk ke dalam tubuh tidak hanya harus baik dan sehat (thoyib), tetapi juga halal. Menjaga tubuh tetap sehat untuk taat merupakan tanda syukur kita kepada-Nya.

 

200 Resep Menyehatkan dr. Zaidul Akbar

Penyembuhan seseorang dari sakitnya adalah mutlak kekuasaan-Nya bukan kekuasaan manusia. Penyakit datang dari-Nya dan sudah pasti obatnya pun datang dari Allah Swt. Satu di antara wujud dari sempurnanya rahmat Allah Swt. kepada hamba-hamba-Nya adalah dengan menurunkan obat bagi setiap penyakit yang ada (HR Al-Bukhari). Oleh karena itulah manusia disarankan untuk berusaha dan tidak boleh patah arang.

Ada banyak obat yang bisa diperoleh secara alami, misalnya saja madu, kurma, jahe, buah delima, jintan, dan minyak zaitun. Mengapa harus alami? Ini karena semua yang berasal dari alam mudah dan murah didapatkan, jelas kehalalannya, dan tentu saja memiliki efek samping yang lebih sedikit. Dalam Buku Resep Sehat JSR dijelaskan semua bumbu dapur dan khasiatnya, termasuk buah-buahan, sayuran, bunga, kacang-kacangan, serta taklupa air zam-zam.

Setelah itu di dalam buku ini juga diberikan 200 resep JSR dan bagaimana cara meraciknya. Semua dilengkapi dengan seberapa banyak bahan digunakan dan ditambah foto-foto yang bagus sekali. Resep-resep itu bisa digunakan untuk menyembuhkan/menanggulangi infeksi dan alergi, sistem pencernaan, sistem reproduksi, sistem endokrin, sistem saraf, sistem pernapasan, sistem rangka dan otot, sistem jantung dan pembuluh darah, sistem kekebalan tubuh, sistem ekskresi dan urinaria, darah dan gangguan darah, serta penyakit lainnya.

Penyakit lainnya ini meliputi ADHD, autisme, pikun, depresi, kesehatan gigi dan mulut, mencerahkan kulit, pemulihan kanker, kesehatan mata, menghilangkan lemak, mengatasi rambut rontok dan kesehatan kepala, daya tahan tubuh, serta bagaimana cara untuk menaikkan berat badan. Sebagai contoh untuk meningkatkan daya tahan tubuh bisa menggunakan jahe, serai, kunyit, temulawak, kencur, dan kayu manis. Semua bahan itu direbus sampai aromanya keluar, dan setelah hangat bisa ditambahkan madu dan jeruk nipis.

Atau bisa juga dengan menggeprek jahe dan kunyit dan rebuslah. Setelah hangat, bisa ditambahkan madu, garam nonrafinasi, dna perasan jeruk nipis. Cara lainnya yang lebih sederhana adalah hanya menggunakan jeruk nipis dan madu secukupnya. Pastinya, 200 resep yang disajikan oleh dr. Zaidul Akbar begitu mudah dengan bahan-bahan yang ada di sekitar kita. Tinggal dipraktikkan saja.

Ingatlah bahwa makanan yang sehat dan halal sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh. Makanan yang tidak sehat dan tidak halal dapat menyerang, merugikan, dan mengubah fungsi normal tubuh. Sebagai penutup, beliau mengingatkan kita semua bahwa ketika sakit, hal pertama yang harus dilakukan adalah bertobat dari segala dosa. Inilah yang membedakan konsep pengobatan dalam Islam dengan pengobatan ala Barat.

Allah Swt. dengan ke-Maha Luasan Ilmu-Nya menganugerahkan Bumi beserta isinya untuk kebaikan manusia. Allah Swt. telah menyebarkan berbagai bahan alami yang begitu dahsyat khasiatnya sebagai obat. Bahan-bahan itu ada semua, hanya saja ada yang sudah diketahui dan ada yang belum. Tinggal diteliti lebih jauh lagi. Berbagai tumbuhan itu adalah nikmat dari Allah Swt. Sejatinya, kesehatan seorang mukmin adalah buah ketaatan kepada Sang Khalik.[]

Bagi yang berminat membeli buku Resep Sehat JSR ini bisa lewat marketplace atau langsung menghubungi 0812 2448 2002. Harga resminya Rp249.000. Bahkan ada kesempatan juga bagi yang ingin bergabung menjadi Mitra, yaitu dengan menghubungi 0821 1763 0395.

Post a Comment

0 Comments