Launching Buku Resep Sehat JSR


"Betapa Allah sangat benar dalam janji-Nya di dalam Al-Quran. Bahwa tidak mungkin Allah itu menciptakan segala sesuatu dengan sia-sia. Betapa Allah itu sudah memberikan banyak sekali petunjuk kepada kita bahwa yang namanya makanan dan minuman itu tidak sekadar halal tetapi juga thoyib. Bahwa semua penyakit apapun di dunia ini selalu memiliki pasangan obatnya." ~ Riza Zacharias, founder Syaamil Group

Alhamdulillah pada hari Sabtu, 6 Maret 2021 kemarin telah diluncurkan buku terbaru (buku kedua) dari dr. Zaidul Akbar atau yang lebih dikenal dengan Ustadz UZA secara online, yaitu Buku Resep Sehat JSR. Buku setebal 536 halaman ini diterbitkan oleh Penerbit Sygma Media Inovasi dengan kertas yang sangat eksklusif (art paper) dan full color.

Oya, sekadar informasi saja bahwa Penerbit Sygma Media Inovasi adalah anak perusahaan dari Syaamil Group yang juga menerbitkan Syaamil Quran. Bagi yang gemar sekali membaca Al-Quran insya Allah pasti mengenal produk-produk mereka dengan khat Madinah dan desainnya yang begitu khas. Al-Quran adalah 'asy-syifa' atau obat dan buku Resep Sehat JSR adalah pelengkapnya.

Buku ini merupakan pengalaman pribadi dr. Zaidul Akbar yang disusun sendiri menjadi 200 resep menyehatkan dimana bahan-bahannya sendiri mudah ditemukan di Indonesia dan cara membuatnya juga tidak terlalu sulit. Siapapun bisa mempraktikkannya termasuk anak-anak. Ini seriusan. Bahkan dalam acara launching-nya kemarin beliau juga menunjukkan bagaimana cara meramunya.


Sebagai contoh adalah bagaimana beliau meramu tempe yang tidak perlu lagi dimasak/digoreng. Ini karena tempe itu sebenarnya sudah matang karena dibuatnya dari kedelai yang sudah direbus matang. Tempe ditambah dengan madu dan garam, lalu diaduk atau dihancurkan begitu saja. Tempe adalah makanan prebiotik yang dihasilkan dari fermentasi ragi, dan kalau bertemu dengan zat prebiotik lainnya (madu) akan menjadi baik.

Hubungan keduanya akan menghasilkan hubungan yang sangat baik (simbiotik) dan insya Allah baik bagi tubuh manusia. Salah satunya adalah menghasilkan enzim atau hormon yang membahagiakan. Di dalam bukunya (hal. 99), dr. Zaidul Akbar juga menuliskan bahwa kacang kedelai memiliki kandungan bergizi yang mampu meningkatkan fertilitas, mencegah diabetes, dan membantu menjaga kesehatan jantung.

Pada hal. 452 juga tertulis bahwa dengan memperbanyak konsumsi prebiotik terbukti dapat mencegah atau memperbaiki sistem gastroenteritis (pencernaan), memperkuat sistem imun, dan melawan infeksi yang dapat menyebabkan diare, mencegah autoimun, bahkan penyakit autisme. Baru satu resep saja sudah memiliki kandungan gizi yang luar biasa dan begitu mudah membuatnya.

 

Dua Kenikmatan yang Harus Dijaga

Kesehatan adalah satu di antara nikmat terbesar yang sering terlupakan. Nikmat Sehat dan Waktu Senggang adalah dua kenikmatan yang harus dijaga dan Rasulullah saw. sudah mewanti-wanti akan hal ini dimana ada banyak manusia yang tertipu olehnya (HR Al-Bukhari No. 6412). Jadi kalau ada waktu, isilah dengan hal bermanfaat seperti berolahraga atau berjalan-jalan mensyukuri keindahan ciptaan Sang Maha.


Jika masih sehat, isilah dengan silaturahmi ke keluarga/sahabat dan berkarya dengan sebaik mungkin. Jangan menyesal ketika sakit telah berkunjung dan enggan untuk pergi. Islam telah mengatur itu semua dengan baik. Sang Maha tidak menurunkan sebuah penyakit tanpa adanya obat, dan bisa jadi ... obat yang dicari itu ada di sekitar kita. Dan Al-Quran telah menjadi pedoman, itulah mengapa madu, kurma, dan buah tin adalah obat.

dr. Zaidul Akbar adalah seorang dokter yang selama 10 tahun lebih mendalami pengobatan islami berbasiskan Al-Quran dan hadits Rasulullah saw. Salah satu resepnya yang cocok dengan sosok itu adalah dengan membuat minuman hangat dari campuran serai, cengkeh, jahe, dan madu yang bisa mengurangi penyakit asmanya. Terbukti nyata, loh. Dari campuran jahe dan madu saja khasiat ke tubuh begitu istimewa.

Resep lainnya yang berhubungan organ pernapasan adalah tetap menjaga paru-paru dengan membuat 'infused water' yang berisi satu ruas jahe dan 12 lembar daun mint. Sedangkan untuk meningkatkan imunitas bisa dengan cara merebus kunyit, lengkuas, dan kayu secang. Setelah hangat tambahkan jeruk nipis, madu, dan garam nonrafinasi. Minum 1-2 kali sehari dalam keadaan perut kosong.

Itu semua sudah dijelaskan secara detail di Buku Resep Sehat JSR ini. Jadi kalau ingin sehat ya miliki saja buku ini dan terapkan semua resep yang ada di dalamnya. Dalam Islam, ada tiga aspek yang harus diperhatikan agar tubuh tetap sehat dan insya Allah dijauhi penyakit ... yaitu hati (kalbu) yang sehat, tubuh (raga) yang sehat, dan makanan yang sehat.


Jagalah ketiganya dalam keseimbangan yang benar-benar adil. dr. Zaidul Akbar sampai menekankan sebagai penutupnya, "Percuma sehat kalau tidak taat." Makjleb, kan! Taat, Sehat, Bermanfaat. Hipocrates sendiri yang non-Muslim juga mengatakan untuk menjadikan makanan sebagai obat, bukan obat sebagai makanan. Apalagi sebentar lagi akan memasuki bulan Ramadhan dan itu adalah bulannya iman dan imun. Kuy lah![]

Bagi yang berminat membeli buku Resep Sehat JSR ini bisa lewat marketplace atau langsung menghubungi 0812 2448 2002. Harga resminya Rp249.000. Bahkan ada kesempatan juga bagi yang ingin bergabung menjadi Mitra, yaitu dengan menghubungi 0821 1763 0395.

Post a Comment

0 Comments