Buku Cara Menulis Artikel SEO Friendly

Cara Menulis Artikel SEO Friendly | Review Buku | SIP Publishing 
Menulis konten itu adalah sebuah proses belajar. Jangan pernah menyerah. Konsistenlah dalam menulis, agar kamu menjadi orang terbaik dan keren ~ Neil Patel, pendiri Crazy Egg dan pemilik Ubersuggest

Apa sih SEO Writing itu? Bagi yang berkecimpung dengan dunia blogging, istilah tersebut tidaklah asing. SEO Writing adalah sebuah teknik penulisan yang dapat membantu meningkatkan ranking suatu website/blog dengan cara membuat konten jadi lebih terlihat oleh mesin pencari. Kata kuncinya adalah konten yang berkualitas dan tulisan yang ramah SEO. Nah, bagaimanakah konten atau tulisan yang berkualitas dan ramah SEO?

Alhamdulillah sosok itu mendapatkan jawabannya dari sebuah buku yang baru saja diterbitkan oleh SIP Publishing dan dicetak oleh PT Gramedia. Dengan ketebalan 140 halaman, buku berukuran A5 ini akan menjadi panduan bagi siapa saja yang merasa penasaran, ingin tahu, belajar, dan bahkan ingin mengembangkan bakat di bidang penulisan konten SEO. Ada berbagai tips dan trik yang bakal dikupas tuntas di buku Cara Menulis Artikel SEO Friendly ini.

Buku ini ditulis oleh Kristal Pancarwengi dan Destriyana. Mereka berdua aktif sebagai penulis dan admin di Kontenesia, serta berpengalaman sebagai penulis artikel SEO profesional. Kristal adalah seorang penulis dan editor lepas, yang pernah menjuarai lomba English Essay Writing di UNNES Semarang, sedangkan Destriyana adalah seorang ibu yang pernah lolos program beasiswa dari Deutscher Akademischer Austauschdienst (DAAD) 2010. Keren gak tuh?

Pada awal bab, akan dijelaskan tentang SEO itu apa dan apa manfaat SEO untuk website dan blog. Kemudian dilanjutkan dengan cara memaksimalkan SEO sebuah website dan siapa saja yang perlu belajar SEO. Setelah itu apa keuntungan menulis artikel SEO Friendly dan peluang kerja menjanjikan sebagai content writer di masa yang akan datang. Jadi bagi yang baru tahu istilah SEO, insya Allah akan lebih mudah memahaminya.

Bab-bab selanjutnya sudah masuk ke ranah teknis. Misalnya saja ada tips jitu menulis artikel SEO Friendly, jumlah kata kunci yang ideal dalam sebuah artikel, dan pengertian keyword stuffing. Keyword atau kata kunci adalah syarat mutlak sebuah artikel SEO. Namun, terlalu banyak menggunakan kata kunci justru akan merusak optimasi website. Nah di sinilah akan dijelaskan bagaimana cara mengidentifikasi kata kunci yang potensial.

SEO Friendly | Review Buku | SIP Publishing

Bab berikutnya adalah membahas strategi membangun keyword density yang optimal, kesalahan fatal saat menulis artikel SEO Friendly, tips menulis artikel SEO Friendly yang menarik, dan istilah yang sering digunakan dalam artikel SEO. Lengkap sekali, apalagi buku ini menyajikan tata letak yang enak dibaca dan penyusunan kata yang langsung to the point. Untuk sebuah buku, jumlah halamannya pun cukup dan tidak terlalu tebal.

Setelah itu akan dijelaskan pula tentang apa itu konten pilar, gaya penulisan artikel pilar, tips menulis artikel pilar yang SEO Friendly, sarang penting untuk penulis artikel SEO, perbandingan dan perbedaan antara SEO content writing dengan SEO copywriting, pengertian AIDA, sampai dengan buka-bukaan bahwa ada 9 (sembilan) kesalahan fatal saat menulis copywriting dan tool penting untuk seorang content writer.

Gampangnya sih begini, kalau content writing itu menjual persona ataupun merek sebuah produk secara langsung dan tulisan yang dibuat adalah sebagai media informasi yang cenderung panjang dan komprehensif. Tujuannya adalah menjaring trafik melalui mesin pencari. Sedangkan copywriting adalah tulisan tentang media promosi yang cenderung pendek, punchy, dan bahasa yang menarik. Trafik tadi diubah menjadi leads dan sales.

Nah, pada akhir bab akan dijelaskan pula tentang konten kanibal, cara menulis ulang artikel yang benar, kesalahan yang sering dilakukan dalam rewrite artikel, dan tentu saja latihan agar menjadi content writer yang andal dan serbabisa. Pada prinsipnya content writer itu harus memiliki kemampuan adaptasi yang tinggi, kemampuan riset yang kuat, menguasai keterampilan SEO, kemampuan orginizing yang baik, dan tentu saja harus fokus plus bisa mengejar target.

Akhir kata, bagi yang ingin menjadi seorang content writer yang baik dan benar, buku ini adalah panduan yang tepat untuk memulainya. Baca dan resapi, lalu mulailah latihan menulis dengan konsisten. Benar, menulislah. Tidak ada latihan yang tepat untuk menjadi seorang penulis yang andal selain menulis, menulis, dan menulis. Sosok itu adalah contohnya, bagaimana menjadi seorang penulis itu memerlukan jam terbang yang tinggi.[]

Post a Comment

3 Comments

  1. Terima kasih Bang Aswi. Semoga bermanfaat bukunya untuk mempelajari SEO writing.

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah, terimakasih ilmunya .. sebentar lagi insyaAllah aku mempelajari nya, mempraktekannya.. menulis lagi... Belajar, belajar dan belajar..

    ReplyDelete
  3. Bukunya bisa didapatkan dimana kak?

    ReplyDelete