ASUS VivoBook 15, Mudah Dibawa Saat Bersepeda

Laptop ASUS | VivoBook 15

Cuaca belum terlalu terang dan waktu belum terlalu jauh beranjak dari pukul 05:00. Namun sosok itu sudah bersiap-siap dengan kaos jersey dan peralatan pelengkap kegiatan bersepedanya. Kalau lagi kepengen berkeringat, sosok itu memang sudah terbiasa mempersiapkan semuanya setelah selesai shalat Subuh. Sepeda pun diperiksa, terutama tekanan ban dan remnya. Hal ini penting demi keamanan dan kenyamanan. Setelah semuanya beres, biasanya dia keluar dari rumah tepat pada pukul 05:30.

Angin bergerak perlahan, dan terasa dingin saat menyentuh kulitnya yang terbuka. Udara pagi dihisapnya kuat, dan hawa kesegaran langsung masuk ke dalam paru-parunya. Gowesan awal biasanya agak santai, baru setelah itu agak dipercepat bergantung kondisi kontur jalan. Tidak banyak kendaraan bermotor yang dijumpainya, tetapi kehati-hatian haruslah menjadi prioritas. Tetap bersepeda di sebelah kiri, dan tentunya tetap memilih jalan yang mulus. Langit makin terang. Burung-burung pun sudah mulai berterbangan.

Seperti biasa, ada tas ransel di punggungnya, atau bisa juga diganti dengan pannier alias tas sepeda yang biasa diletakkan di samping kiri atau kanan boncengan. Isinya biasanya hanya berupa baju ganti, handuk, dan laptop. Botol minuman sudah ada tempatnya di rangka tengah, begitu pula dengan cokelat yang wajib dibawanya kalau mau bersepeda jauh di saku celana. Dari semua perlengkapan yang dibawanya itu, pasti ada yang bertanya, "Lah, kalau mau bersepeda, mengapa harus membawa laptop?"

Entahlah. Sosok itu sudah terbiasa membawa laptop kemana-mana, bahwa di mana pun dan kapan pun selalu saja ada momen laptop itu dikeluarkan-dinyalakan-lalu mengetik dengan hati yang bahagia. Menulis adalah salah satu hobinya yang patut disyukuri telah menghasilkan sejak tahun 2000. Bahkan laptop pertamanya adalah hasil dari lomba menulis yang diadakan pada 2005. Sebelumnya, dia selalu membawa notebook atau buku kecil untuk mencatat semua uneg-uneg yang dilihat atau didengarnya.

ASUS VivoBook A516 | Bang Aswi

 

Laptop 15 Inci Terkecil di Dunia

Setelah punya laptop dan hobinya bertambah, kegiatan mengetik terus dilakukan, meski sedang bersepeda jauh. Sosok itu masih ingat benar saat bersepeda menelusuri perbukitan sisi selatan hingga ke barat Gunung Tangkuban Perahu. Pengalamannya bersepeda masuk ke hutan pinus, menyusuri perkebunan teh, menyeberangi sungai yang airnya begitu menyegarkan, dan finish di Situ Lembang seolah tidak ingin hilang dari ingatan. Oleh karena itu sebelum pulang, dia berhenti di satu tempat dan langsung mengetik.

Alhamdulillah hasil tulisannya langsung dimuat di Koran Pikiran Rakyat dengan honor yang lumayan oke buat mentraktir keluarga. Begitu pula dengan pengalamannya bersepeda dari Bandung ke Jakarta. Laptop selalu tersemat di tas panniernya. Meski hujan menghadang saat tiba di Bogor, sosok itu langsung bergegas menutupi panniernya dengan 'cover bag' antihujan. Laptopnya aman dan bisa digunakan saat momennya pas, plus bersyukur lagi saat artikel perjalanannya juga dimuat di koran yang sama.

Ya, kegiatan bersepeda dan mengetik di laptop adalah seperti dua sejoli yang sedang mabuk kasmaran. Susah untuk dilepaskan hehehe. Itulah mengapa sosok itu selalu suka membawa laptop yang ringan tetapi kuat terhadap benturan. Namanya bersepeda kan suka 'ajleng-ajlengan' kalau melewati kontur jalan yang tidak mulus. Makin ringan laptopnya juga tidak akan membebani dirinya saat bersepeda. Alhamdulillah, dari pengalamannya, dia sudah cocok dengan laptop keluaran ASUS.

Nah, apalagi sekarang sudah ada ASUS VivoBook 15 (A516), sebuah laptop “all-round” yang dirancang untuk semua kalangan, seperti sosok itu yang hobi bersepeda. Laptop VivoBook 15 ini mudah dibawa alias portabel dengan layar berukuran besar. Inilah laptop 15 inci terkecil di dunia. Asyik, kan? Lebih asyik lagi, laptop ini sudah dilengkapi dengan aplikasi Office versi lengkap yang memang biasa digunakannya untuk menulis, menyusun data, dan tentu saja untuk menunjang dirinya saat menjadi pembicara.

“Nikmati semua manfaat dengan PC yang lengkap, yaitu sudah termasuk Office Home & Student 2019. Aplikasi Office versi lengkap (Word, Excel, dan PowerPoint) memberikan semua fungsi yang dibutuhkan dan diharapkan oleh penggunanya. Penggunaan aplikasi Office seumur hidup dapat memastikan Anda untuk selalu memiliki akses ke fitur yang Anda kenal dan sukai. Dilengkapi dengan 100% aplikasi Office asli, software juga akan terus mendapatkan pembaruan keamanan yang rutin untuk melindungi perangkat, program, dan data Anda.”

 

Keunggulan ASUS VivoBook 15

Mungkin bosan kali ya sosok itu terus menulis dan mempromosikan smartphone dan laptop dari brand ASUS ini, bagi sebagian orang. Ya, wajar saja sih, karena ASUS merupakan perusahaan multinasional sekaligus produsen motherboard, PC, monitor, kartu grafis, dan router terbaik di dunia. ASUS terbukti pernah mendapatkan penghargaan sepanjang tahun 2018, salah satunya Fortune’s World’s Most Admired Companies. ASUS kini hadir dengan brand spiritIn Search of Incredible”.

Itulah alasan sosok itu memilih ASUS, dan untuk urusan laptop, dia lagi mengincar yang seri VivoBook A516 ini. Jimmy Lin, ASUS Regional Director Southeast Asia, saja sampai bilang, “VivoBook 15 ini tidak hanya sekadar laptop berlayar besar, tapi tetap memiliki dimensi yang ringkas sehingga nyaman untuk digunakan dan dibawa bepergian.” Tuh, kan. Laptop ini memang dirancang sebagai perangkat andalan yang memiliki fitur dan teknologi terkini, termasuk beragam konfigurasi spesifikasi.

Sang Pesepeda | Blogger BDG | VivoBook 15

Oke deh, sosok itu mau berhenti dulu dari sepedaannya. Aslinya dia gatel banget pengen menjelaskan secara detail dari laptop yang membuatnya tetap produktif sepanjang hari ini. Maka dia pun menggowes sambil melirik ke kiri dan kanan, serta menikmati angin yang menerpa wajahnya. Pada sebuah taman yang sejuk, dengan pepohonan yang lebat, dia melambatkan kecepatan bersepedanya. Memilih salah satu bangku yang tampak asyik, menyenderkan sepedanya, lalu mengeluarkan laptop ASUS VivoBook 15.

Dia pun mengeluarkan smartphone ASUS MPM2 dan mulai merekam dirinya sendiri. Jadi ya, laptop ASUS VivoBook 15 itu memiliki 4 (empat) keunggulan, yaitu 1). Tetap Ringkas dan Portabel; 2). Siap Digunakan untuk Berbagai Kegiatan; 3). Kencang dan Gesit; serta 4). Lebih Mudah dengan MyASUS. Untuk poin pertama, laptop ini memang dibuat dengan konsep mobilitas tinggi serta hadir dengan bodi yang ringkas dan ringan. Bobotnya saja hanya 1,8 kilogram dengan ketebalannya hanya 19.9mm.

Otomatis laptop ini mudah sekali untuk dibawa bepergian, apalagi chargernya sangat ringkas dan mudah untuk dimasukkan ke berbagai kompartemen di dalam tas. Itulah mengapa sosok itu kalau bepergian, meski bersepeda sekalipun, tetap bisa membawa laptop. Lalu, kok bisa ya layarnya terbilang besar untuk ukuran laptop 15 inci pada umumnya? Rahasianya adalah ... laptop ini memiliki teknologi NanoEdge Display, yang memungkinkan bezel layarnya dapat tampil sangat tipis.

Screen-to-body ratio saja mencapai 83%. Artinya, ukuran laptop 15 inci ini setara dengan laptop 14 inci yang masih menggunakan bezel layar tebal. Apa hanya itu? Tentu saja tidak, karena layar VivoBook 15 (A516) juga telah dibekali dengan resolusi hingga Full HD, jadi sangat cocok digunakan untuk bekerja atau hanya untuk menikmati konten multimedia. Bahkan sudah dilapisi dengan lapisan anti-silau (anti-glare) dan memiliki sudut pandang hingga 178 derajat. Wah, dijamin nyaman banget lah. Sosok itu saja sampai betah mantenginnya.

Laptop ASUS | ASUS VivoBook

 

Laptop Portabel yang Kencang dan Gesit

Poin kedua adalah bahwa laptop ASUS VivoBook 15 ini siap digunakan untuk berbagai kegiatan, misalnya saja bisa digunakan dalam kondisi gelap karena adanya keyboard full-size yang telah dilengkapi backlit. Tombol keyboard-nya juga memiliki key travel sejauh 1,4mm yang sangat ideal untuk mengetik. Cocok banget buat penulis seperti sosok itu. Kegiatan mengetik insya Allah jadi mengasyikkan. Untuk beberapa variannya, laptop ini juga telah dilengkapi dengan keamanan biometrik melalui fingerprint sensor.

Ada keunggulan lainnya mengapa laptop ini benar-benar menjadi sahabat untuk para penulis dan orang kantoran seperti dirinya, yaitu dibekali satu kamera dan tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli software Office karena laptop ini sudah dilengkapi dengan Microsoft Office Pre-Installed. Alhamdulillah, makin cocok. Microsoft Office Home & Student 2019 terdiri dari tiga aplikasi utama yaitu Word, Excel, dan PowerPoint. Aplikasi ini juga dapat terus di-update. Semuanya tersedia gratis atau tanpa biaya tambahan.

Fitur konektivitas laptop ini juga terbilang lengkap, ada port USB Type-C, USB Type-A, HDMI, dan combo audio jack. Untuk konektivitas nirkabel, laptop ini juga dibekali dengan WiFi 5 (802.11ac) dan Bluetooth 4.1. Makin cocok kan untuk dibawa kemana-mana. Soal kekuatan, prosuk ASUS mah dijamin mantap. Laptop ASUS VivoBook 15 (A516) memiliki konstruksi yang tangguh. Chasis utama dan rangka layarnya terbuat dari bahan logam. HDD pun aman karena adanya E-A-R HDD Protection yang mampu menyerap getaran.

“Komputer masa kini memiliki tampilan berbeda karena mereka memang berbeda. Dengan solid-state drive (SSD) dan teknologi terkini, Anda mendapatkan kecepatan, keamanan, ketahanan, dan desain yang cantik. Kami telah melakukan jajak pendapat, dan hasilnya, orang-orang lebih senang saat bepergian dengan PC modern.”

Poin ketiga, laptop ASUS VivoBook 15 sudah pasti kencang dan gesit karena ditenagai oleh prosesor 10th Gen Intel Core. Varian tertingginya saja Intel Core i5-1035G1 yang memiliki konfigurasi 4 core dan 8 thread, serta boost clock hingga 3,6GHz. Begitu pula dengan chip grafis NVIDIA GeForce MX330 yang bakal aman untuk aplikasi photo editing, video editing, hingga game kasual. Benar-benar cocok dengan sosok itu yang selain menulis juga suka mendesain foto atau mengedit video.

Lomba Blog ASUS | ASUS VivoBook A516

Media penyimpanan data insya Allah aman, yaitu menggunakan 2.5” SATA dan M.2 PCIe. Tinggal pilih saja, laptop ini bisa disematkan SSD atau HDD. Laptop ini pun menggunakan memori DDR4 yang merupakan standar laptop modern dengan kapasitas yang dapat di-upgrade. Untuk poin keempat, adalah hadirnya MyASUS, sebuah aplikasi bawaan yang merupakan pusat kontrol untuk laptop ini. Melalui MyASUS, pengguna dapat memantau status laptopnya sekaligus melakukan troubleshooting.

MyASUS juga menyediakan fasilitas agar penggunanya dapat memindai sistem laptop, menemukan masalah, dan memperbaikinya secara otomatis. Status garansi juga bisa dicek secara daring. Kemudian ada fitur bernama Link to MyASUS yang memungkinkan pengguna untuk menghubungkan smartphone-nya dengan laptop sehingga bisa menampilkan pesan dan notifikasi di laptop, melakukan panggilan telepon langsung dari laptop, berbagi file, atau membuat smartphone menjadi layar kedua untuk laptop. Seru pisaaan, dah.

“Laptop dengan prosesor Intel® Core™ 10th Gen series ke atas didesain untuk performa dan mobilitas. Dengan efisiensi yang tinggi serta dimensi thin and light, laptop ini menawarkan peningkatan performa dan produktivitas untuk penggunanya. Konektivitas WiFi generasi terbaru juga memungkinkan transfer data 3x lebih cepat dibanding generasi sebelumnya.”

 

Harga ASUS VivoBook 15

Sosok itu kemudian mematikan kameranya. Lengkap sudah rekaman video untuk menjelaskan keunggulan dari Laptop ASUS VivoBook 15 (A516). Matahari makin meninggi, jalanan sudah makin ramai oleh kendaraan bermotor. Hanya satu dua pesepeda yang lewat, lalu menyapa meski hanya dengan lambaian tangan, suara bel, atau sekadar senyuman. Pastinya, laptop tersebut dianggap paling cocok untuk dimiliki karena portabel dan insya Allah bisa dimasukkan ke dalam tas dan dibawa kemana-mana.

Laptop dan tasnya pun dibereskan, lalu bersiap untuk pergi lagi. Sebelum ngagowes lagi, sosok itu baru teringat sesuatu sehingga dia pun langsung merekam kembali. Oleh karena memiliki varian yang terbilang banyak, maka harga dari laptop ini juga bermacam-macam. Untuk Celeron N4020/HD/Intel UHD Graphics/4GB/256GB SSD adalah Rp5.299.000, sedangkan untuk varian yang sama tetapi sudah layar FHD dihargai Rp5.399.000. Untuk Core i3/HD/Intel UHD Graphics/4GB/256GB SSD + 1TB HDD adalah Rp7.599.000, sedangkan untuk yang layar FHD adalah Rp7.899.000.

Untuk Core i3/FHD/GeForce MX330/4GB/256GB SSD adalah Rp7.799.000, sedangkan untuk varian yang 512GB SSD adalah Rp8.199.000. Untuk Core i5/FHD/GeForce MX330/4+4GB/256GB SSD + 1TB HDD adalah Rp10.999.000, sedangkan untuk yang memorinya 8GB adalah Rp11.099.000. Kesimpulannya, harga dari Laptop ASUS VivoBook 15 (A516) adalah sekira Rp5.299.000 - Rp11.099.000. Masih 'worth it' dengan berbagai keunggulan yang dimilikinya. Pastinya, layak untuk dimiliki.[]

Laptop ASUS VivoBook | Bang Aswi

 

Main Spec. VivoBook 15 (A516)

CPU Intel® Core™ i5-1035G1 Processor 1.0 GHz (6M Cache, up to 3.6 GHz)
Intel® Core™ i3-1005G1 Processor 1.2 GHz (4M Cache, up to 3.4 GHz)
Intel® Celeron N4020 Processor 1.1GHz (4M Cache, up to 2.8GHz)
Operating System Windows 10
Memory Up to 8GB DDR4 RAM
Storage 256GB PCIe® Gen3 x2 SSD
512GB PCIe® Gen3 x2 SSD
1TB HDD + 256GB PCIe® Gen3 x2 SSD
Display 15.6”, FHD (1920 x 1080) 16:9, Anti-glare
15.6”, HD (1366 x 768) 16:9, Anti-glare
Graphics NVIDIA GeForce MX330 (optional)
Intel UHD Graphics
Input/Output 1x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 1x USB 3.2 Gen 1 Type-C, 2x USB 2.0 Type-A, 1x HDMI 1.4, 1x 3.5mm Combo Audio Jack, Micro SD card reader
Camera VGA Web Camera
Connectivity Wi-Fi 5 (802.11ac), Bluetooth 4.1
Audio SonicMaster, Audio by ICEpower®, Built-in speaker, Built-in microphone
Battery 37WHrs, 2S1P, 2-cell Li-ion
Dimension 36.02 x 23.49 x 1.99 ~ 1.99 cm
Weight 1,8 Kg
Colors Transparent Silver, Slate Grey
Warranty2 tahun garansi global

 

Artikel ini diikutsertakan dalam ASUS - 15 Inch Modern PC. Bigger Dream, Wider Screen Writing Competition bersama dewirieka.com

Post a Comment

8 Comments

  1. Laptop yang tangguh bikin semangat berkarya dan makin produktif ya Bang...

    ReplyDelete
  2. Memang asyik ya kalau laptop yang meskipun layarnya lebar, tapi ukuran relatif kecil, seolah 1 inci di bawahnya. Serasa mudah dibawa ke mana2, termasuk naik sepeda

    ReplyDelete
  3. Laptop yang ringkas mudah dibawa kemana-mana ya bang.

    ReplyDelete
  4. Kalau sosok itu bersepeda dan lagi pengin bawa laptop. Laptop yang ini tak bikin berat ya. Sukses Bang!

    ReplyDelete
  5. Body yang slim emang cocok dibawa ketika bersepeda. Apalagi beratnya ringan. Asal jangan menggunakan laptop sambil bersepeda aja bang

    ReplyDelete
  6. Lengkap sudah ini Bang kalau sudah ngomongin laptop layar besar pasti deh langsung punya keinginan untuk nonton sepanjang hari

    ReplyDelete
  7. laptop lama dipakai naik sepeda ? kalo laptop dulu 2,5 kg dulu gak yakin bisa....kalo A516 is possible

    ReplyDelete
  8. Ternyata laptop dengan layar ukuran besar tidak harus besar dan berat, buktinya ASUS 15 inch bisa dibawa sambil sepedaan juga. Mendukung work to bike dah.

    ReplyDelete