Mang Oded, Wafat di Hari yang Baik

Mang Oded | Wali Kota Bandung | Oded M. Danial

Jumat (10/12/2021)), Wali Kota Bandung meninggal dunia saat hendak menuju mimbar untuk menjadi khatib salat Jumat di Masjid Raya Mujahidin Bandung, sekira pukul 11.55 WIB. Oded M. Danial, S.A.P. atau yang disapa akrab Mang Oded kemudian dibawa mobil ambulans ke RS Muhammadiyah Bandung. Dari hasil diagnosa, beliau terindikasi terkena serangan jantung.

Menurut Direktur Utama RS Muhammadiyah Bandung, Kautsar Boesoiri, Mang Oded datang pada pukul 11.45 WIB diantar menggunakan ambulans dan beliau sudah menggunakan oksigen untuk bantuan pernapasan. Nadinya sudah tidak teraba dan pupilnya sudah melebar, meski begitu tim medis RS Muhammadiyah tetap berusaha maksimal dengan Resusitasi Jantung Paru.

Innalillahi wa innailaihi raji'un. Allahummaghfirlahu warhamhu wa'afihi wa'fuanhu. Banyak masyarakat yang mengatakan kalau beliau sungguh beruntung. Wafat pada hari yang baik, dalam kondisi bersuci, dan sedang melakukan hal baik (yaitu shalat sunnah dan hendak khutbah Jumat). Di aplikasi Twitter, kata 'Mang Oded' menjadi trending topic pertama di Indonesia. Mayoritas pada mendoakan beliau.

"Innalillahi wainna ilaihi rajiun, Saya Yana Mulyana turut berduka atas meninggalnya orang tua kita, kakak kita, sahabat kita semua. Almarhum adalah sahabat dan rekan seperjuangan yang sama-sama mendapat amanah dalam membangun Kota Bandung. Dalam tiga tahun terakhir, suka dan duka kerap dijalani bersama dengan almarhum," ujar Wakil Wali Kota Bandung.

"Insya Allah husnul khatimah dan semoga keluarga yang ditinggalkan diberi kekuatan dan kesabaran. Kami lima tahun bersama dalam suka duka membangun BDG, sungguh saya bersaksi atas keshalehan dan kemuliaan ahlak almarhum. Teladan kami semua. Pileuleuyan Mang Oded. Doa dari kami semua," ujar Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat.

“Almarhum merupakan rekan kerja se-Bandung Raya. Saya yakin wafatnya beliau dalam keadaan syahid dan husnul khotimah. Sekali lagi, kami dari Kabupaten Bandung turut berduka cita yang mendalam,” ujar Dadang Supriatna, Bupati Bandung. Mang Oded memang dikenal pribadi yang low profile dan agamis. Beliau pernah mengajak 1.072 Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung mengikuti tadarus Al-Quran secara virtual.

“Mudah-mudahan semakin dekat dengan Al-Quran akan membawa kebaikan untuk kita baik, di dunia ini maupun di akhirat," ujar Mang Oded. Bukan hanya sukses di dunia karir, Mang Oded juga ternyata berhasil memberikan keteladanan di dalam keluarganya. Terbukti semua anaknya dan juga mantunya adalah penghafal Al-Quran. Bahkan Mang Oded sendiri beserta istri juga merupakan penghafal Al-Quran.

"Saya tidak merasa kehilangan seorang Wali Kota. Saya kehilangan seorang bapak yang sederhana. Ketika berjalan di sampingnya, seringkali saya hanya tertunduk karena saya merasa silau dengan kesederhanaannya. Tutur katanya seringkali tidak teratur, tetapi itu menunjukkan bahwa ia tidak sedang dan tidak suka berakting sebagai seorang pejabat. Kepada siapapun ia menyebut dirinya 'Emang' ... sama seperti emang-emang rakyat kebanyakan yang dipimpinnya. Ia tidak jaim, Ia tidak gila tampil. Wali Kota 59 tahun itu tetap merasa dirinya hanya seorang 'Emang'. Ya, Mang Oded ... hanya Mang Oded," ujar Mang Apun, Jurnalis Senior Bandung.

Diriwayatkan dari Abdullah bin ‘Amr, ia berkata bahwa Rasulullah saw. bersabda, “Tidaklah seorang Muslim meninggal pada hari Jumat atau malam Jumat kecuali Allah akan melindunginya dari azab kubur.” (Sunan at-Tirmidzi/vol. III/hadis ke 1074)

Post a Comment

0 Comments