Syaamil Quran Mendukung Milad BALIKIN!

balikin! | Bandung Lipat Kuning | Polygon Ecosmo seri B2W Indonesia | DLT

Minggu kemarin terbilang istimewa karena bertepatan dengan tanggal cantik yang pada umumnya digunakan untuk momen bersejarah yang tidak bakal bisa diulang kembali. Momen yang dimaksud bisa berhubungan dengan acara pernikahan, kelahiran, atau bahkan milad sebuah komunitas. 20 Februari 2022 atau biasa ditulis dengan angka 20.02.2022 tentu saja menjadi tanggal istimewa bagi komunitas balikin!. Nanti bakal diceritain lebih lengkap apa dan siapa komunitas balikin! ini.

Sosok itu sendiri baru bergabung dengan komunitas ini beberapa hari yang lalu, dan tentu saja merasa terhormat akhirnya bisa 'gowes bareng' bersama anggota komunitas dengan rute yang begitu mengasyikkan. Start dari Kiara Artha Park tepat pada pukul 07.30 WIB, rombongan balikin! bergerak menyusuri Jl. Kiaracondong, Pindad, Cidurian, Jl. Soekarno Hatta, hingga kemudian memasuki Gedebage untuk menuju Masjid Terapung Al-Jabbar.

Di kawasan masjid yang belum rampung itu, para peserta melakukan foto bersama yang kemudian bergerak kembali menyusuri Jl. Rancapanci, masuk ke kawasan Summarecon Bandung, dan kembali foto bersama di Taman Sumringah (meski di bawah tatapan Pak Satpam yang ingin mengusir). Rombongan lalu bergerak lagi menuju Sapan dengan cuaca yang 'ceudeum', masuk ke Jl. Gudang, Jl. Batusari, Jl. Cikoneng, dan akhirnya memasuki kawasan IPAL/PDAM Bojongsoang.

Di sinilah acara puncak dari milad balikin! dengan 'rundown' yang sudah disusun dengan baik oleh pihak panitia. MC Kang Dudung pun menyemarakkan suasana dengan guyonan khas Sunda dan tentu saja sambil menebarkan 'doorprize' yang begitu banyak karena dukungan sponsor begitu luar biasa. Makan bersama dengan menu khas Sunda seperti ayam goreng, tempe, tahu, lalaban, dan sambel terasi, jelas menjadi begitu nikmat setelah sebelumnya sudah menyantap mendoan tempe/tahu dan semangka.

balikin! | Bandung Lipat Kuning | Polygon Ecosmo seri B2W Indonesia | DLT

 

Sejarah Komunitas BALIKIN!

Pada hari Senin, 9 Desember 2019, ada acara Puputeran Bandung yang diadakan oleh Sel-B (Sepeda Lipat Bandung). Bike To Work Bandung turut berpartispasi dengan mengirimkan 10 orang perwakilannya, yang atas dasar keunikan dan ingin 'eye cathing', sengaja memakai sepeda lipat dengan jenis dan merek yang sama, yaitu Seli Polygon B2W 16/20. Hingga kemudian pada hari Minggu, 2 Februari 2020, atau 02.02.2020 didirikanlah Komunitas Bandung Lipat Kuning (balikin!) di Kota Bandung.

Pendirinya adalah Kang Yuyud dan sebagai koordinator ditunjuk Kang Ridwan. Pada hari itu, launching dan gowes perdana komunitas balikin! dihadiri oleh sekira 60 orang Pesepeda Lipat Polygon B2W dari Bandung, Purwakarta, Jakarta, dan Tangerang. Namun wabah pandemi pun menyerang Indonesia sehingga semua aktivitas pengumpulan massa menghilang dari peredaran. Termasuk acara Gathering Yellow Ranger di Kota Yogyakarta yang diprakarsai oleh balikin! dan Yellow Ranger Jogja pada 12 April 2020.

Meski begitu, kampanye bersepeda tertib dan aman yang dilakukan komunitas balikin! terus berjalan secara terbatas dan online. Kampanye menghindari keramaian, jaga jarak, pakai masker, dan cuci tangan terus digaungkan. Salah satunya adalah pada hari Minggu, 8 November 2020, balikin! bekerja sama dengan B2W Bandung dan Pikiran Rakyat mengadakan “Kampanye Jaga Jarak” dengan cara bersepeda berjajar mengelilingi Kota Bandung. Atribut poster disematkan di punggung dan sepeda.

Oya, sepeda kuning yang dijadikan 'kojo' dalam komunitas balikin! adalah sepeda lipat keluaran Polygon Ecosmo seri Bike to Work Indonesia yang sudah menggunakan Dahon Licensed Technology (DLT) dengan ukuran roda 16/20. Artinya, sepeda ini bukan keluaran asli dari Dahon tetapi sudah resmi menggunakan teknologi Dahon. Diperkirakan seri ini keluar sekira tahun 2012 dan sudah tidak diproduksi lagi. Efeknya sepeda ini terus dicari dengan harga yang bukan kaleng-kaleng.

balikin! | Bandung Lipat Kuning | Polygon Ecosmo seri B2W Indonesia | DLT

 

Kepengurusan Baru BALIKIN!

Milad ke-2 komunitas balikin! sedianya akan diselenggarakan pada tanggal 2 Februari 2022 tetapi pada tanggal tersebut bertepatan dengan hari Rabu. Oleh karena itu disepakati bahwa untuk acara milad ke-2 dipastikan pada hari Minggu, 20 Februari 2022. Tetap diusahakan memakai tanggal cantik agar mudah mengingatnya. Untuk tempat penyelenggarannya pun diputuskan di kawasan IPAL/PDAM Bojongsoang, tepatnya di Dapoer Malada.

Alhamdulillah ... begitu banyak dukungan atas acara Milad ke-2 komunitas balikin! ini dengan jumlah sponsor yang terus di-update oleh panitia. Anggota yang turut hadir ada sekira 35 orang dan beberapa orang perwakilan sponsor. Para sponsor yang mendukung adalah Polygon, Rodalink, Sulep, JerJhon, Urban Case, CKS, Greeners, Lumpat, OFDY, HiC1000, BTB, dan tentu saja Syaamil Quran. Perusahaan penerbit dan percetakan Al-Quran ini selalu mendukung komunitas yang memberikan manfaat bagi sesama.

Syaamil Quran yang berada di bawah Syaamil Group memiliki visi menjadi perusahaan yang terdepan
dalam Membumikan Al-Quran dan Menghidupkan Sirah. Salah satu misinya pun berkomitmen untuk menyebarkan nilai-nilai Islam secara mudah dan menyenangkan. Di sinilah yang menjadi titik utama mengapa Syaamil Quran juga mendukung komunitas balikin! karena mereka turut berkampanye bersepeda tertib dan aman di jalan raya. Tertib dan aman adalah bagian dari nilai-nilai Islam.

balikin! | Bandung Lipat Kuning | Polygon Ecosmo seri B2W Indonesia | DLT

Apa yang dilakukan komunitas balikin! pun mengadopsi nilai-nilai inti yang menjadi panduan Syaamil Group, yaitu MIRACLE. Di sana ada moralitas, inovasi, saling menghargai, tercatat dengan rapi, komunikasi yang baik, terus belajar, dan berusaha sempurna. Syaamil Quran memberikan 5 (lima) eksemplar Al-Quran dengan logo Milad ke-2 balikin! sebagai pembuktian bahwa keduanya berkolaborasi untuk tujuan kebaikan, dan siapapun bisa memesan Al-Quran (meski hanya satu) dengan desain tersendiri.

Pada milad ke-2 komunitas balikin! akhirnya terpilih ketua untuk pertama kalinya. Adalah Kang Deni Priatna yang terpilih secara aklamasi untuk periode 2022-2025. Komunitas balikin! memiliki tagline "Semua akan menguning pada waktunya." Tagline ini tidak hanya sekadar pada warna sepeda saja, tetapi lebih kepada filosofi padi bahwa menguning itu bermakna makin matang, makin dewasa, makin bijaksana, makin menjadi panutan, dan seterusnya. Semoga kepengurusan baru bisa menerapkannya menjadi program-program yang bermanfaat.[]

Post a Comment

0 Comments