Ramadhan Masa Kecil: Belajar Berdoa

Ramadhan Masa Kecil | Belajar Berdoa | Aswi Kecil

Ya Allah, tambahkanlah aku ilmu
dan berikanlah aku rezeki akan kepahaman

Aswi kecil berjalan dengan riang di tengah jalan aspal yang besar. Sesekali dia melompat atau berlari dengan kecepatan yang tidak menentu. Seragam merah putih menghiasi tubuhnya. Kadang, dia juga berjalan di atas rerumputan dan memandang halaman sekolah yang ada di sebelah kanan, berbatas pagar besi tinggi.

Sebelum gerbang sekolah, sudah banyak pedagang yang menggelar lapaknya. Ada penjual biji karet yang dipakai untuk diadu atau bijinya dihilangkan lalu dijadikan kalung. Ada penjual buah kecapi yang cara makannya diemut. Dan ada pula penyewa gimbot dengan berbagai permainan. "Nanti saja."

Bisiknya sambil terus memasuk sekolah. Cukup baginya dengan membeli nasi goreng dengan harga 50 perak sudah mendapatkan telor ceplok kecil. Cukup kenyang lah meski hanya porsi kecil. Setelah meletakkan tas di bangku panjang yang diisi oleh tiga murid, Ketua Kelas langsung berteriak saat ibu guru datang.

"Berdiiiri! Hormat! Memberi saaalam!" Semua murid lalu berdiri dan beramai-ramai menjawab, "Selamat pagi, Buuu!" Ibu guru mengangguk, tersenyum, lalu duduk di bangkunya di pojok kanan depan. "Baik anak-anak, sebelum memulai kegiatan belajar, mari kita berdoa bersama. "Ya Rabbi zidni 'ilman warzuqni fahma."

Ya, kurang lebih seperti itulah kehidupan Aswi kecil saat masih duduk di bangku SDN 01 Pagi Tanjung Priok Jakarta. Suasana pagi yang selalu sama dari hari Senin hingga Sabtu. Sekolah sudah mengajarkan siswa-siswanya untuk belajar berdoa bagi yang beragama Islam. Sedangkan bagi yang Non-Islam ada doanya sendiri.

Ada beberapa doa lainnya yang diajarkan oleh orangtua atau guru agama. Doa yang masih diingatnya adalah doa sebelum makan, "Allohumma barriklana fima rozaqtana waqina adzbannar." Termasuk doa sebelum tidur, "Bismika Allahumma ahya wa amutu. Artinya, dengan nama-Mu ya Allah, aku hidup dan aku mati."

Di bulan Ramadhan, ada beberapa doa lagi yang diajarkan jauh sebelum memasuk bulan suci. Doa-doa ini begitu mudah dihafal karena sering diulang-ulang setiap hari, yaitu "Nawaitu shouma ghodin 'an ada'i fardhi syahri romadhona hadihis-sanati fardho lillahi ta'ala." Termasuk doa berbuka, "Allohumma lakasumtu wabika amantu wa'ala rizqika arthortu birohmatika ya arhamar-rohimin."[]

#OneDOA #HariKe1 #BloggerBDGxRamadhan #KOMBESmenulis

Post a Comment

0 Comments