Zenfone 10, Compact and Powerful

ASUS Zenfone 10

11 Desember 2018. Masih segar dalam ingatan saat sosok itu berangkat dari Bandung menuju Jakarta untuk menghadiri peluncuran produk ASUS ZenFone Max Pro M2 di Pullman Jakarta Central Park. Entahlah, selalu terbit rasa bahagia kalau bisa melakukan perjalanan dan bertemu dengan kawan-kawan blogger dari berbagai daerah. Sepulangnya, dia pun menulis tentang ponsel keren itu di blog.

20 Desember 2018. Mbak Kate yang membantu pihak ASUS menjadi panitia untuk lomba blog dan IG mengumumkan bahwa sosok itu adalah salah satu pemenangnya. Yup, tulisannya berhasil menjadi juara pertama dan berhak mendapatkan Zenfone Max Pro M2 4/64 yang saat itu bernilai Rp3.199.000. Haru dan bangga. Apalagi dia dan sang belahan jiwa akhirnya bisa memiliki ponsel dengan jenis yang sama.

Perjalanan memiliki ponsel tersebut tidaklah mulus karena dua bulan kemudian ponselnya itu 'ngambek' hanya gara-gara aplikasi caping. Aplikasi Caping tiba-tiba saja berhenti dan memaksa ponselnya harus di-restart. Itu terjadi berulang-ulang hingga jalan keluar satu-satunya adalah RESET ULANG. Per satu hari, dia sudah me-reset 5 (lima) kali. Hingga kemudian pihak ASUS membantu dengan cara mengunduh firmware terbaru.

Blogger BDG

Saat peluncuran Zenfone Max Pro M2 dan hasil fotonya secara manual

Setelahnya ya aman. Sampai sekarang, Zenfone Max Pro M2 masih digunakannya. Alhamdulillah gak ada masalah dan hasil foto maupun videonya selalu menyenangkan. Berarti sudah lima tahun usianya. Salah satu kekurangan saat mengambil video menggunakan ponsel tersebut adalah hasil video yang goyang karena ketidakstabilan pegangan. Satu-satunya cara tentu saja harus pakai gimbal atau edit di Google Photo.

Kekurangan lainnya saat memotret dengan mode auto-focus, yaitu gambarnya malah sering nge-blur karena fokusnya malah ke objek lain, terutama saat menggunakan mode countdown timer. Sebel gak, sih? Kapasitas memori juga menjadi kelemahan mengingat saat ini hampir semua ponsel terbaru menawarkan memori yang jauh lebih besar lagi plus kecepatan yang makin mumpuni. Daya tahan baterai juga begitu, makin berkurang.

Jadinya ya ketinggalan banget kalau maksain harus memakai Zenfone Max Pro M2 saat ini. Aslinya, sosok itu kepengen banget upgrade ponsel Zenfone-nya dengan harapan memiliki hasil video dan foto yang jauh lebih baik serta kapasitas memori dan kecepatan yang bikin hati senang. Intinya ya upgrade semua dan syukur-syukur hapenya gak terlalu besar. Alhamdulillah, per Juni 2023 ternyata sudah diluncurkan Zenfone seri ke-10 secara global, lewat live streaming di YouTube.


Zenfone 10

ASUS Zenfone 10 Mighty on Hand

Di Indonesia sendiri, Zenfone 10 secara resmi diluncurkan pada hari Jumat, 29 September 2023, dan harganya pun sudah dirilis pada pukul 19.00 WIB. Zenfone 10 tampil dengan desain mungil ketimbang ponsel di pasaran, tetapi tidak menjadi penghalang kalau bicara tentang performanya. Kecil adalah hal besar yang baru! Ponsel ini mengemas kinerja luar biasa dan banyak daya tarik ke dalam perangkat berukuran tangan yang sempurna.

Ada LIMA keunggulan dari Zenfone 10 yang diperlukan untuk kebebasan seluler, yaitu 1) Desainnya yang kompak; 2) Prosesor Snapdragon® 8 Gen 2 yang cepat; 3) Display mumpuni dengan refresh rate hingga 144Hz; 4) Fitur kameranya sangat stabil dengan fitur-fitur baru yang paling keren; dan 5) Sertifikasi IP68 water resistant yang menjamin ponsel ini aman dari cipratan air.

1. Desain yang Kompak

Compact Design

ASUS Zenfone 10 memiliki tagline Mighty on Hand. Memang benar. Compactness, on hand! Stability, on hand! Steadiness, on hand! Every life moment, on hand! Moments, on hand! Quality, on hand! All the zoom detail, on hand! Smart search, on hand! Selfies, on hand! Speed, on hand! Endurance, on hand! Epic audio, on hand! Semuanya dalam satu genggaman.

Desainnya memang sempurna untuk ukuran satu tangan. Benar-benar tepat untuk gaya hidup, dalam satu tangan. Ukurannya kompak, hanya 5,9 inci dengan lebar 68,1 milimeter. Berat pun hanya 172 gram. Begitu ringan. Hanya dengan satu tangan, bisa mengambil momen hanya dengan menekan dua kali tombol volume. Begitu cepat. Termasuk juga dengan kemudahan aksesnya melalui fitur ZenTouch 2.0 dan Edge Tool 2.0.

Dengan mengusap tombol ZenTouch yang dipasang di samping ponsel, akan memberikan pintasan instan kepada aktivitas favorit. Misalnya saja membuka kunci ponsel, kontrol pemutaran video, penelusuran web, atau membaca notifikasi. Lalu dengan versi terbaru dari Edge Tool, menambahkan akses ke panel kontrol dan aplikasi favori, hanya cukup dengan menggunakan ibu jari!

Terinspirasi oleh harmonisasi warna kosmos, Zenfone 10 hadir dalam lima warna yang menyegarkan, yaitu Aurora Green, Eclipse Red, Comet White, Starry Blue, dan Midnight Black. Semua warna ini begitu populer sehingga siapa pun bisa memaksimalkan gayanya. Bagi yang begitu mencintai planet Bumi, ponsel ini memiliki desain yang Eco-friendly. Sustainability, on hand. Dari pemilihan lima warna di atas saja sudah menunjukkan sebagai warna Bumi.

Eco-friendly ASUS

Penutup casing belakangnya berbahan polikarbonat berbasis bio yang ramah lingkungan. Sehingga bisa mengurangi penggunaan petrokimia dan membantu misi ASUS meminimalkan jejak karbon. Kemasannya sendiri terbuat dari 100% kertas daur ulang dengan tinta berbahan dasar kedelai. Semua itu dirancang agar dapat didaur ulang untuk pembuangan yang berkelanjutan. Bayangkan saja, 50% jumlah petrokimia dan 2 kg emisi CO₂ yang bisa dikurangi.

2. Prosesor Snapdragon® 8 Gen 2 yang Cepat

Inilah ponsel yang compact namun bertenaga. Semua itu bisa terjadi karena didukung oleh chipset terbaru, kekuatan yang tak tertandingi dan multitasking, yaitu Qualcomm Snapdragon® 8 Gen 2 dengan CPU 8 inti clockspeed 3,2 GHz. Hal ini akan membawa peningkatan komputasi 15 persen, gaming 20 persen, dan hemat daya 15 persen. GPU-nya sendiri menggunakan Andreno 740.

Snapdragon 8 Gen 2

Chipset tersebut dipadukan dengan dua varian RAM/penyimpanan, yaitu 8GB/128GB dan 16GB/512GB. RAM-nya telah mendukung LPDDR5X dan penyimpanan internalnya berjenis UFS4.0. Begitu pula dengan daya tahan baterainya yang mengalami peningkatan 12,9 persen. Sistem operasinya sendiri menggunakan Android 13 yang dipoles dengan antarmuka ZenUI versi terbaru.

Sistem keamanan perangkat yang diadopsi adalah fingerprint yang terletak di samping bodi. Fitur pendukung lainnya adalah konektivitas Wi-Fi 802.11 a/g/b/n/ac, Bluetooth 5.3, nano-SIM, GPSS, USB-C, colokan jack audio 3,5 mm, dual speaker berteknologi Dirac HD, dan dua mikrofon berteknologi OZO Audio. Dual speaker dengan Dirac Virtuo™ tersebut begitu sempurna untuk video dan game yang imersif!

Kehadiran baterai 4300 mAh yang ditingkatkan dan komponen hemat daya, masa pakai baterai Zenfone 10 jelas tidak akan mengecewakan! Kemampuan baterainya meningkat menjadi +12.9%. Terlebih lagi, karena banyaknya permintaan, perangkat ini sudah dilengkapi dengan pengisian daya nirkabel 15W dan HyperCharge 30W, yaitu teknologi pengisian daya yang jauh lebih cepat.

3. Display Mumpuni dengan Refresh Rate hingga 144Hz

Display Zenfone 10

Zenfone 10 adalah ponsel yang smoothness on hand. Silakan menikmati permainan ultra-halus dengan refresh rate hingga 144 Hz (seri sebelumnya hanya sebatas 120Hz) dan santailah saat menonton film dalam warna yang akurat sekelas bioskop. Inilah teater portabel seukuran tangan! Layarnya pun sudah Super AMOLED dengan resolusi Full HD Plus (2.400x1.080 piksel).

Tingkat kecerahannya pun bisa dimaksimalkan hingga 1.100 nits dengan aspek rasio 20:9. Layarnya dilapisi kaca pelindung dari Corning Gorilla Glass Victus, mendukung 112 persen DCI-P3, Always-on-Display, dilengkapi HDR, sRGB color gamut, dan keakurasian warna Delta-E <1. Sebagai pelengkap, ada Connex Case yang memiliki penyangga dan tempat menyimpan kartu nama atau kartu-kartu lainnya.

4. Fitur Kamera yang Sangat Stabil

6-Axis Hybrid Gimbal Stabilization 2.0

Lalu bagaimana dengan kameranya? Kamera utamanya sudah menghadirkan 6-Axis Hybrid Gimbal Stabilization 2.0 dengan resolusi 50 MP. Gimbal inilah yang dapat membuat video lebih stabil meski sedang bergerak. Hal ini berkat adanya hardware anti-shake OIS, software algoritma Electronic Image Stabilization (EIS) yang sudah ter-update dan membuat auto-focus lebih cepat.

Kamera utama tersebut pun sudah menggunakan sensor Sony IMX766 yang menawarkan kualitas foto yang tajam dan minim noise, foto malam dijamin berkualitas. Termasuk adanya teknologi OZO Audio yang bisa menghilangkan noise seperti suara angin dan lain-lain sebagai pengalaman high-fidelity 3D surround-sound. Termasuk kamera ultra-wide resolusi 13 MP + FOV 120° yang makin melengkapi keunggulan sebuah ponsel.

Di bagian depan, ada punch hole untuk menyimpan kamera selfie 32 MP dengan sensor RGBW berukuran 1,4 μm. Plus fitur AI Object Sense yang dapat membagi gambar menjadi beberapa bagian yang masing-masing bakal dioptimalkan, artinya foto yang dihasilkan akan jauh lebih baik dibanding memakai kamera ponsel biasa. Fitur HyperClarity juga memungkinkan hasil zoom menjadi lebih detail dan jelas sekali.

Selfies On Hand

Jadi, dengan Zenfone 10, siapapun bisa menghasilkan video profesional, video timelapse, dan video slow-motion dengan kualitas yang mendekati bahkan setara dengan kamera DSLR, bergantung pemakainya. Kalau untuk foto, ponsel ini bisa digunakan untuk (selfie) portrait, panorama, dan night mode dengan penyimpanan file RAW. Kecil, tapi sudah layak kan disebut sebagai kamera profesional.

Bayangkan, hanya dengan satu tangan, bisa mengambil foto traffic trails, light graffiti, air terjun, dan people in motion. Ditambah dengan bantuan tripod, star trails mudah dipotret dengan mudah. Penggemar fotografi dan sinematografi sudah pasti dimanjakan oleh ponsel ini. Hanya dalam satu gengaman, evolusi impresifnya bakal memberikan hasil yang luar biasa.

5. Sertifikasi IP68 Water Resistant

IP68 Water Resistant

Ponsel sebagai barang yang mudah dibawa-bawa dan apalagi bagi Zenfone 10 yang berukuran mungil, tentu sangat riskan untuk terkena cipratan air semisal hujan yang turun secara tiba-tiba. Begitu pula saat diletakkan di meja makan dan tangan kita tidak sengaja menyenggol gelas berisi air. Untunglah ponsel ini sudah dilengkapi sertifikasi tahan air dan debu (IP65 dan IP68).

Dengan begitu, hati kita menjadi tenang dan merasa aman di mana pun berada. Lima keunggulan di atas seolah-olah membuat ponsel mungil ini meraksasa dan makin membuat sosok itu sangat yakin untuk segera mengganti ponsel Zenfone Max Pro M2. Gap-nya sudah terlalu jauh untuk dipertahankan. Tinggal berharap ada secercah keberuntungan baginya untuk segera memiliki Zenfone 10.

ASUS Zenfone 10

Harga Resmi di Indonesia

Bagaimana dengan harganya? Setelah resmi dirilis di Eropa dengan harga 799 euro untuk varian 8GB/128GB, akhirnya ponsel ini resmi diluncurkan di Indonesia pada hari Jumat, 29 September 2023, pukul 19.00 WIB dengan harga Rp.8.999.000 untuk varian 8GB/128GB dan harga Rp.11.999.000 untuk varian 16GB/512GB. Namuuun ... ada harga promo spesial, lho!

Khusus pembelian pada 29 September – 15 Oktober 2023, harga untuk Zenfone 10 (8GB/128GB) dari Rp.8.999.000 mendapatkan diskon 300K menjadi Rp.8.699.000. Untuk Zenfone 10 (16GB/512GB) tetap dengan harga Rp.11.999.000 tetapi mendapatkan gratis Connex Case senilai 899K. Promo spesial ini hanya berlaku di mitra penjualan resmi ASUS, yaitu di Toko Online dan Toko Offline di bawah ini.

Toko Offline Online ASUS

ASUS Zenfone 10

Main Spec. Zenfone 10

Processor Qualcomm Snapdragon® 8 Gen 2, SM8550, Qcta-core CPUs,3.2 Ghz
Qualcomm Adreno 740
Operating System Android 13
Memory LPDDR5X 8GB
LPDDR5X 16GB
Storage UFS4.0 128GB
UFS4.0 512GB
Display 5.9-inch 20:9 (2400 x 1080) 144Hz* Samsung AMOLED display
1100 nits peak brightness
Color accuracy, Delta-E < 1
112% DCI-P3, 107% NTSC, 151.9% sRGB color gamut
Corning® Gorilla® Glass Victus®
Supports Always-on display
Amazon HDR/ YouTube HDR support

*The 144 Hz refresh rate can only be enabled in Game Genie while playing mobile games.
Rear Camera
Main Camera
50 MP Sony® IMX766 flagship sensor - 1/1.56" large sensor, 1.0µm pixel size
Quad Bayer technology - 12.5 MP, 2.0 µm large effective pixel size
6-Axis Hybrid Gimbal Stabilizer 2.0
F1.9 aperture
2x2 OCL PDAF
Single LED flash
23.8 mm equivalent focal length in 35 mm film camera

Ultrawide Camera
13 MP sensor
120 ̊ field of view
12.5 mm equivalent focal length in 35 mm film camera

Camera modes
Photo, Video, Portrait, Pro (RAW file support), Pro video, Light Trail, Panorama, Night, Timelapse, Slo-mo
Front Camera
32 MP sensor (Uses pixel binning to output 8MP image and the equivalent pixel size is 1.4µm pixel size)
RGBW Technology
Video Recording
Rear Camera
8K UHD (7680 x 4320) video at 24 fps
4K UHD (3840 x 2160) video at 30 / 60 fps
1080p FHD video recording at 30 / 60 fps
720p HD video recordingat at 30 / 60 fps
Time Lapse (4K UHD video)
Slow Motion video (4K UHD at 120 fps / 1080p FHD at 240 fps / 720p at 480 fps)
Take still photo while recording video (do not support in 8K video recording)

Front Camera
FHD/30fps or HD/60fps
Wireless Technology Supports aptX and aptX HD
WiFi: 802.11 be/ax/ac/a/b/g/n, 2x2 MIMO
Supports Tri-band 2.4 GHz / 5 GHz/ 6 GHz WiFi
Bluetooth® 5.3 (HFP + A2DP + AVRCP + HID + PAN + OPP), supports LDAC, AAC, Qualcomm® aptX™, aptX™ HD, aptX™ Adaptive, aptX™ Lossless
WiFi Direct
NFC

*WiFi 6e & WiFi 7 availability and features are dependent on regulatory limitations.
SIM Cards
Dual slots
NANO SIM/NANO SIM, support DSDS 5G+5G.
Audio Speaker
Dual stereo speakers with Dirac HD Sound
Multi-magnet stereo speakers with Qualcomm WSA8835 smart amplifiers for louder, deeper and less distorted sound effect

Audio Output
Hi-Res Audio 192k Hz / 24-bit standard for 3.5mm output
Qualcomm Audio CODEC (WCD9380)
AudioWizard with multiple listening profiles
Dirac Virtuo™ for Headphone Spatial Sound

Microphone
Two microphones with OZO Audio Noise Reduction Technology
Battery 4300mAh (typ) battery.
Dimension 146.5 x 68.1 x 9.4 mm
Weight 172g
Colors Midnight Black
Comet White
Eclipse Red
Aurora Green
Starry Blue
PriceRp.8.999.000 (8GB/128GB)
Rp.11.999.000 (16GB/512GB)

 

Post a Comment

0 Comments