Penyelamat Saat Perjalanan Jauh

Planet Ban | Bang Aswi

Kamis, 17 November 2022. Selepas mengisi pelatihan di Hotel Wiwi 2 Perkasa, Indramayu, sosok itu dan sang belahan jiwa langsung pamit bakda Dzuhur. Bagasi motor Honda New Vario 125 yang dibawanya pun sudah penuh dengan bawaan buah mangga. Cuaca masih terasa dingin karena hujan baru saja mengguyur, menyisakan jalanan yang membasah dengan genangan di beberapa titik.

Beberapa ASN berseragam tampak hilir mudik mencari tempat untuk bersantap siang atau sekadar pulang sejenak agar bisa makan bersama keluarga tercinta. Aktivitas kota kecil begitu mudah ditebak karena warganya sendiri tidak terlalu banyak dan mengenali yang berseragam tentu tidaklah sulit. Para pengendara bermotor melaju dengan kecepatan di atas rata-rata di sepanjang Jl. Raya Indramayu-Jatibarang.

Menjelang pukul satu bencana itu terjadi. Motor menjadi tidak stabil dan makin berat. "Pasti bocor," bisiknya perlahan, lalu menghentikan kendaraannya. Benar saja. Sang belahan jiwa turun. Sosok itu melihat keadaan dan dia senang karena tak jauh di depan ada tambal ban. Setelah mendorong beberapa puluh meter, hatinya gundah karena tambal ban tersebut tutup. Tidak ada siapa-siapa.

Lebih dari satu kilometer dia mendorong motor hingga akhirnya ada harapan saat melihat tambal ban di seberang jalan. Sambil menunggu ban belakangnya ditambal, pikirannya mengulang kembali bagaimana awalnya ban motor yang seharusnya tubeless itu robek, sehingga terpaksa memasang ban dalam. Untunglah selama perjalanan dari Bandung ke Cirebon lanjut ke Indramayu tidak terjadi masalah.

Tambal Ban | Bang Aswi

Selesai ditambal, mereka pun melanjutkan perjalanan dan sempat mampir ke rumah sepupunya di dekat Kali Cimanuk. Kebetulan akses menuju ke sana, jalannya masih belum bagus. Meski awalnya jalan beton, tetapi setelahnya masih berbatu dan tanah. Hati pun kembali tidak nyaman. Sepulangnya dan kembali ke jalan raya, ban belakang kembali bocor. Hati pun nelangsa dibuatnya.

Perjalanan pulang ke Bandung masih jauh dan hari semakin sore. Tidak mau didorong, motor pun dibawa begitu pelan sampai ketemu tambal ban. Khawatir ada kejadian yang bakal berulang, sambil menunggu ban dalamnya ditambal, sosok itu mencari Planet Ban terdekat di Google Maps. Alhamdulillah ketemu di daerah Jatibarang. Tidak menunggu lama, sampailah di Jl. Mayor Dasuki Jatibarang.

Planet Ban

Bengkel Servis Motor Terbaik

Dua kali mengalami ban bocor cukuplah jadi pelajaran, apalagi kondisi ban luar yang masih robek meski terbilang baru. Untunglah ada rezeki setelah mengisi pelatihan fotografi di lingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten Indramayu. Dia kemudian memutuskan untuk membeli ban luar tubeless di Planet Ban, sekalian diisi dengan nitrogen agar lebih awet, depan dan belakang.

Bismillah. Akhirnya perjalanan pulang berjalan dengan lancar. Sampai di Bandung pada pukul 21.00 langsung ke pencucian motor agar tampak kinclong setelah berbasah ria dengan jalanan becek. Peristiwa tersebut menjadi pelajaran bahwa ban juga harus diperhatikan, selain servis motor reguler yang dilakukan setiap bulan atau tiap dua bulan.

Planet Ban | Bang Aswi

Pemilihan oli juga penting karena sangat berpengaruh pada perfoma motor yang dipakai. Awalnya dia mengenal Planet Ban hanya sekilas saja karena beberapa kali melihat bengkelnya di beberapa jalanan Kota Bandung. Hingga kemudian motor Honda Fit S-nya selalu ngadat dan malah sampai divonis harus turun mesin. Sudah pasti sedih pisan mengingat motor tersebut adalah motor kesayangan.

Akhirnya didapatkan informasi bahwa ada baiknya mengganti oli mesin yang selama ini memakai oli pabrikan dengan oli yang lebih baik lagi. Saran dari tetangga, "Coba deh pake oli X-Ten, belinya di Planet Ban." Dia pun bertanya apa kelebihannya. Tetangga menjawab, "Lebih murah dan lebih awet, apalagi buat motor lama membuat mesinnya jadi lebih bagus lagi."

Oke deh. Sosok itu pun mampir ke Planet Ban di dekat rumah, dan beberapa hari setelah diganti olinya, mesin motor lamanya jadi lebih ringan. Makin membaik. Sejak saat itulah dia makin sering ke Planet Ban dan setelah kejadian dua kali ban bocor tersebut, pikirannya teringat pada bengkel tersebut. Tagline yang mudah dikenal dari Planet Ban ini adalah servis motor rasa mesin baru.

Servis motor rasa baru dikenal juga dengan sistem servis terpadu. Tujuannya adalah untuk meng-upgrade atau meningkatkan performa dan ketahanan motor dengan cara yang cepat dan biaya lebih hemat. Fokus pemeriksaan dan perbaikan pada servis motor rasa baru, yaitu bagian vital yang letaknya tersembunyi dan jarang diservis, termasuk jarang dicek atau disetel rutin.

Planet Ban

Bagian Motor yang Wajib Dicek

Servis dilakukan saat motor sudah mencapai jarak tempuh tertentu. Biasanya adalah memeriksa saluran bahan bakar, kondisi mesin, rem, gas tangan, oli mesin, oli gardan, ban, dan seterusnya. Bagian pertama yang harus jadi perhatian adalah oli mesin dan oli gardan. Oli mesin berfungsi sebagai pelumas, pendingin, dan pelindung mesin. Itulah sebabnya setelah jarak tempuh tertentu (umumnya 2.500 km), oli harus diganti.

Oli X-Ten | Bang Aswi

Namun beberapa tahun terakhir sudah ada pabrikan/retailer otomotif yang sudah berani memberikan rekomendasi penggantian sampai 5.000 km (2x lebih lama dari oli biasa). Ini dikarenakan oli yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi ester. Jadi ya wajar sih kalo retailer ini mengklaim bisa 2x lebih lama dari oli biasa, karena memang ini adalah base oil tertinggi di kelas oli.

Kalau di Planet Ban, sosok itu sudah biasa memakai oli X-Ten. Katanya, sudah ada 1,727,817 orang yang telah menggunakan oli tersebut di seluruh Indonesia. X-Ten sudah mendapatkan sertifikasi dari Standar Nasional Indonesia (SNI) dengan No. SNI 7069.5:2012 dan Japanese Automotive Standard Organization (JASO). Jadi insya Allah aman dan tepercaya, ya.

Oli Gardan juga harus diganti dengan rumus 2x ganti oli mesin 1x ganti oli gardan. Fungsi oli gardan adalah untuk melumasi gear yang ada di Continuously Variable Transmission (CVT). Perhatikan pula busi karena berfungsi untuk mengubah aliran listrik koil menjadi percikan api sehingga mesin dapat menyala. Jika busi tak berfungsi baik, maka bisa menyebabkan motor sulit dinyalakan.

Bagian-bagian lainnya yang harus diperhatikan adalah kampas rem, filter udara, aki (accu), dan tune up. Kampas rem tidak usah dijelaskan karena pengereman adalah faktor keselamatan saat di jalan. Fungsi filter udara adalah menyaring udara yang masuk ke ruang pembakaran agar jangan sampai ada kotoran yang masuk, kemudian menyumbat sistem injeksi dan karburator.

Tegangan pada aki idealnya berada pada 12,3-12,6 Volt dalam kondisi mesin mati. Sementara jika mesin menyala, maka tegangan aki berada pada 13,7 - 14,2 Volt. Pastikan kondisi aki dalam kondisi baik. Sedangkan servis motor tune up adalah servis rutin yang meliputi pemeriksaan semua komponen, terutama komponen-kompenen yang berkaitan dengan performa motor secara keseluruhan.

Planet Ban | Bang Aswi

Adakalanya, tune up disertai dengan ganti oli mesin, ganti oli gardan, atau penggantian sparepart. Namun tenang saja, mekanik di Planet Ban akan menginformasikannya terlebih dahulu dan memerlukan persetujuan dari pemilik kendaraan. Planet Ban memastikan seluruh bagian mesin dibersihkan hingga seperti baru.

Hasilnya, tarikan jadi lebih enteng, emisi turun lebih dari 70%, dan jadi lebih hemat BBM. Harga servis motor di Planet Ban yang selengkap ini ternyata terjangkau. Untuk servis motor injeksi hanya Rp20.000, servis CVT sekaligus rantainya hanya Rp19.500, dan servis throttle body pun hanya Rp20.000. Murah dan bagus, kan?

Post a Comment

5 Comments

  1. Bener banget kerasa banget nie, emang di planet bang cocok banget buat servis. selain orangnya ramah servis di situ hémat.

    ReplyDelete
  2. Untung akhirnya ketemu Planet Ban ya, Bang.. Jadi perjalanan pulang ke Bandung lancar jaya. Saya dulu ngira Planet Ban cuma buat ngganti ban aja. Ternyata bisa servis motor juga. Hasilnya memuaskan pula. Akhirnya jadi langganan deeh

    ReplyDelete
  3. Asli sih. Dulu-dulu sih aku nggak tahu bagian-bagian mana yang perlu dicek pas servis motor. Paling service motor cuma buat ganti oli mesin sama oli gardan. Itu pun kulakukan barengan. Kadang oli mesinnya yang telat ganti. Kadang oli gardannya yang kecepetan ganti. Hehehe....

    ReplyDelete
  4. Dulu sebelum nikah sering banget servis motor sendiri jadi tahu bengkel yg bagus dan tidak, tapi sekarang sih urusan servis aku serahkan ke suami. Hehe

    ReplyDelete
  5. Sejak punya motor, Bapak selalu ngajarin untuk selalu servis rutin. Jadinya sampai sekarang kebiasaan baik itu terus berjalan. Dan terbukti banget servis rutin tuh banyak manfaatnya, apalgi servisnya di bengkel terpercaya yaitu di Planet Ban.

    ReplyDelete