Virtual Ride PRURide Indonesia 2020


Sebut saja namanya Meti, kawan seangkatan sosok itu di ITB. Ia dan beberapa kawannya adalah cewek-cewek alumni Minitri Triathlon Buddies 2019 yang memiliki minat sama dalam berolahraga. Ya renang, ya lari, dan tentu saja bersepeda. Namun, dengan kondisi pandemi saat ini, agak susah untuk bersepeda bersama.

Lalu ketemulah acara Virtual Ride PRURide Indonesia 2020, sebuah acara sepeda virtual yang pertama dari Prudential Indonesia. Ajang ini diselenggarakan pada 20-23 Agustus 2020 dimana pesertanya bebas bersepeda di mana saja dan menggunakan jenis sepeda apa saja. Jarak yang ditempuh ada Medio Fondo (70 km) dan Grand Fondo (135 km).

Meti dan kawan-kawannya tentu sangat antusias. Mereka begitu excited for riding together with the girls. Ini benar-benar pas momennya. Nah, agar tema kebersamaan itu dapat, dipilihkan kategori Medio Fondo. Mengapa? Rata-rata usia mereka adalah 30-50 tahun dan yang sudah terbiasa gowes lebih dari 40 km adalah 80%.

Tentulah tidak mudah untuk 'menarik' kawan-kawan lainnya yang 20% dengan kecepatan tinggi. Untuk itu diperlukan strategi yang matang agar bisa gowes bareng dari start hingga finish. Mereka juga sudah menyiapkan diri dengan latihan gowes beberapa kali, termasuk menjaga nutrisi. Untuk rute, ada 2 orang kawan laki-laki yang ikut sekaligus sebagai pengawal.

Meti mengatakan, "Kami tidak mengejar speed dan elevasi. Jalur yang kami pilih juga berdasarkan kenyamanan dan ketertiban lalu lintas. Di tim ini, kami saling menahan ego masing-masing untuk gowes lebih kencang. Kami saling mengingatkan. Saling menunggu yang tertinggal jauh."

Kamis, 20 Agustus 2020, Meti dan kawan-kawannya pun bersepeda demi Virtual Ride PRURide Indonesia 2020. Mereka start dari Stadion Akuatik GBK, melewati Kuningan dan Pondok Indah, lalu kembali melewati Jembatan Kuningan dan finish di GBK. Pastinya seru dan saling menyapa peserta Pruride VR lainnya karena berseragam sama.

"Semuanya berjalan baik dan hampir tidak ada kendala dalam menyelesaikan jarak 70 km, meski ada salah satu kawan kami yang terpaksa mundur setelah menempuh 42 km karena bannya pecah," ujar Meti. Tim ini sangat kooperatif dan tertib, termasuk untuk foto bersama di beberapa pitstop yang disepakati. Lain waktu, mereka siap untuk jarak yang lebih jauh lagi.

Virtual Ride PRURide Indonesia 2020

Menurut Luskito Hambali (Chief Customer & Marketing Officer Prudential Indonesia) di press conference yang diadakan secara virtual, ajang Virtual Ride PRURide Indonesia 2020 digelar untuk membantu atau mengajak masyarakat agar bisa aktif hidup sehat dengan bersepeda bersama. Ini acara sepeda virtual yang pertama dari Prudential Indonesia.

Meski secara offline, acara bersepeda dari Prudential bukanlah yang pertama. Tahun lalu mereka menyelenggarakannya di Jogja dengan melibatkan 5000 peserta. Meski tahun ini bersamaan dengan masa pandemi, acara bersepeda bersama tetap dilaksanakan tetapi dengan cara virtual. Total ada 3000 peserta dimana mayoritas peserta berasal dari luar Jakarta.

Tidak hanya sebagai ajang bersepeda belaka, Virtual Ride PRURide Indonesia 2020 juga dikonsep sebagai ajang kebaikan. Setiap km peserta akan diganti menjadi uang senilai seribu rupiah. Total jarak yang ditempuh adalah 226.656 km sehingga total dana yang berhasil dikumpulkan adalah Rp 226.656.200. Dana tersebut kemudian digenapkan oleh Prudential menjadi Rp 300 juta.


Tercatat peserta termuda adalah Aryo Dwi Putrawidodo (16 tahun) dan peserta tertua adalah Dodi Markido (70 tahun). Mereka berdua kebetulan berasal dari Jakarta dan mengambil kategori Medio Fondo. Chaidir Akbar, atlet triathlon, juga hadir dalam press conference dan mengatakan bahwa ia mengambil kategori Medio Fondo.

Ia bisa saja mengambil kategori Grand Fondo tetapi kali ini ia lebih fokus bisa mengajak lebih banyak kawan untuk mau bersepeda sejauh 70 km. Apalagi ini adalah ajang bersepeda mandiri, jadi tiap peserta harus bisa bersepeda yang aman di jalan raya. Ia menyarankan bersepeda yang aman saat pandemi seperti ini adalah memiliki grup sepeda yang sebaiknya tetap dan jangan gonta-ganti personel.

dr. Amira Anwar yang juga menjadi peserta untuk kategori Grand Fondo, berhasil menyelesaikan Virtual Ride PRURide Indonesia 2020 selama dua hari. Butuh effort yang luar biasa agar bisa selesai karena ia baru mulai bersepeda sejak Januari 2020. Ia harus berlatih dengan jarak 20-30 km seminggu dua kali. Dalam bersepeda, ia pun tidak 'ngoyo' dan tetap mengukur kekuatan tubuh sendiri.[]



Post a Comment

2 Comments

  1. Seru banget ya sepedaan tapi virtual gini, ga rebutan jalanan tapi tetap bisa berkontribusi juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, selalu sadar untuk berolahraga mandiri dulu selama masa pandemi ini

      Delete