Di Mana Bisa PCR-Swab Test di Jakarta?

Wabah pandemi yang disebabkan oleh Coronavirus Disease 19 atau Covid-19 tidak juga menghilang. Bahkan sampai hari ini, malah makin berkembang dan tak terbendung lagi penyebarannya. Pasien positif makin mendekat pada lingkungan terdekat. Cluster-cluster baru tercipta di lingkungan kantor hingga keluarga.

Metode untuk mengetahui apakah seseorang itu terjangkit virus ini pun berubah. Jika sebelumnya diterapkan metode scan suhu, kini makin lebih ketat lagi. Prinsip 3M (Memakai Masker, Mencuci Tangan, dan Menjaga Jarak) juga tetap diperhatikan. Namun metode Rapid Test yang sebelumnya menjadi acuan, dianggap tidak relevan lagi.

Rapid test adalah metode pemeriksaan yang dilakukan agar cepat didapatkan hasilnya. Pemeriksaan ini menggunakan alat cartridge untuk melihat keberadaan antibodi yang ada di dalam tubuh ketika terinfeksi virus. Tes ini dijalankan dalam rangka menyaring pasien dengan mengambil sampel darah dari kapiler (jari) atau dari vena.

Rapid test sering disebut sebagai tes serologis. Akurasinya bisa mencapai 90 persen. Proses untuk mengetahui hasilnya pun sangat cepat, yaitu sekira 30-60 menit. Harga alatnya masih terjangkau dan karena itulah menjadi salah satu kelebihan sehingga dapat digunakan untuk memeriksa banyak orang sekaligus dalam satu waktu.

Kekurangan rapid test adalah tidak bisa mendeteksi antibodi pada awal sakit. Mengapa bisa begitu? Wajar saja karena tubuh bisa jadi belum membentuk antibodi atau kadar antibodinya masih rendah. Jadi, kalau hasilnya non-reaktif, maka pemeriksaan harus diulang lagi pada hari 7-14 hari kemudian.


FasKes yang Bisa PCR-Swab Test

Oleh karena itulah rapid test belum bisa menjadi jaminan kepastian apakah seseorang sudah terpapar virus SARS co-2. Metode lain yang disarankan dan lebih dipercaya adalah dengan Swab Test dan PCR Test. Meski terbilang lebih rumit dan memakan waktu, tetapi hasilnya bisa langsung diketahui positif/negatif, bukan sekadar reaktif/tidak-reaktif.

Swab adalah cara untuk memperoleh bahan pemeriksaan (sampel). Swab dilakukan dengan cara mengusap rongga nasofarings dan atau orofarings dengan menggunakan alat seperti kapas lidi khusus. Sampel yang didapat kemudian diperiksa di laboratorium untuk mencari tahu apakah orang tersebut sudah/belum terpapar virus.

Sedangkan PCR adalah singkatan dari Polymerase Chain Reaction, yaitu metode pemeriksaan virus SARS Co-2 dengan mendeteksi DNA virus. Uji ini jelas lebih akurat lagi jika dibanding dengan dua metode sebelumnya. Metode ini jugalah yang direkomendasikan WHO untuk mendeteksi Covid-19.

Hanya saja memang ... meski akurat tapi prosesnya begitu rumit dan harga alatnya masih mahal. Hasilnya pun juga lebih lama. Pilihan tinggal diserahkan kembali kepada masyarakat. Bagi yang mampu, insya Allah bisa langsung melakukan PCR-Swab Test di manapun ia berada. Kalau pas di Jakarta, ya tentu bisa ke PCR Swab Test Jakarta.


Mencari PCR-Swab Test di HaloDoc

Tahu kan aplikasi HaloDoc? Aplikasi ini membuat siapa pun dapat berbicara dengan dokter spesialis, membeli obat, mencari RS, dan melakukan pemeriksaan laboratorium. Inilah aplikasi solusi akses kesehatan secara cepat, akurat, aman, dan tepercaya. Nah, HaloDoc pun menyediakan fasilitas kesehatan mana yang menyediakan layanan PCR-Swab Test.

Melalui HaloDoc, dapat diketahui mana fasilitas kesehatan yang menyediakan PCR-Swab Test reguler atau drive thru. Hasilnya pun bisa dipilih waktunya, ada yang same day, satu hari, tiga hari, atau lima hari. Namun harganya jelas berbeda. Kalau mau lebih cepat pasti harus membayar lebih mahal, bergantung kebutuhan.

Fasilitas kesehatan yang menyediakan fasilitas drive thru adalah RS Hermina Kemayoran, RS Hermina Podomoro, RS Mayapada Kuningan atau bisa juga ke Drive Thru COVID-19 Test di Cibis Park dan West One City. Kalau tidak bisa kemana-mana, juga ada layanan Home Care yang ada di Halodoc Private Care Kuningan dan Clinic Beautylogica Sudirman.

Sedangkan PCR-Swab Test reguler bisa dilakukan di banyak fasilitas kesehatan. Ini khusus Jakarta ya. Misalnya saja Klinik Utama Dr. Indrajana Tanah Abang, RSU Bunda Gondangdia, RS Husada Mangga Dua, Klinik Miracle Plaza Sudirman, Mayapada Clinic Central Park, dan Mayapada Clinic Mayapada Tower 2 Kuningan.

Bisa juga ke RS Yarsi Cempaka Putih, RS Kartika Pulomas, RS Hermina Jatinegara, RS Medika Permata Hijau, RS Restu Kasih Kramat Jati, RS Hermina Daan Mogot, Global Doctor Clinic Balekambang, RS Mayapada Lebak Bulus, RS Primaya Evasari Cempaka Putih, Clinic Beautylogica Pejaten, dan RS Islam Jakarta Pondok Kopi.[]

Post a Comment

9 Comments

  1. Halodoc udah menjadi Teman Sehat dijaman pandemi ya, lebih praktis. Apalagi sekarang info2 kesehatan membutuhkan pcr swab test tinggal dalam genggaman.
    Baru beberapa hari yg lalu aku pake Halodoc juga buat beli Vit D3 5000

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah ya, nchie, bermanfaat di saat pandemi seperti ini

      Delete
  2. Halodoc memang membantu ya, sebab kita bisa tentukan sendiri waktunya mau lakukan test covid, tak perlu antri lama kalo sudah bikin jadwalnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya bener, apalagi kalau yang layanan 'home care', petugasnya akan datang ke rumah

      Delete
  3. Waaaa adanya halodoc ini sangat membantu ya bang .Jadinya lebih praktis juga nih, berharap banget kondisi ini segera berlalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. praktis dan gak harus jalan dulu, cukup dari rumah aja

      Delete
  4. We have to be extra careful and it’s good to know if we have information about the places where you can get the PCR test

    ReplyDelete
  5. Halodoc selalu keceh ya. Kita bisa akses di mana aja. Sekarang bisa tes swab juga ya. Pokoknya selalu berinovasi sesuai kebutuhan masyarakat.

    ReplyDelete