Sembilan Store Resmi Bolu Siliwangi

Store Resmi | Bolu Siliwangi | SBK

Siliwangi Bolu Kukus (SBK) atau Bolu Siliwangi adalah oleh-oleh khas dari Bumi Pasundan. Bolu Siliwangi diproduksi oleh CV. Boga Karya Siliwangi dengan tujuan melestarikan budaya Bumi Pasundan melalui wisata kuliner yang sejalan dengan visi dan misi perusahaan. Visinya adalah kearifan lokal yang menyehatkan, menyejahterakan, dan terbaik. Mantap betul, ya.

Sedangkan dua poin utama dari empat misinya adalah menciptakan produk yang berdaya saing dengan nilai-nilai kearifan lokal Indonesia dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekaligus menciptakan lingkungan yang sehat. Pada akhirnya, semua itu mengerucut pada budaya yang menyehatkan, menyejahterakan, membahagiakan, lokalitas yang arif, dan humanis. Amiiin.

Mengapa Siliwangi Bolu Kukus? Baik, mari kita belajar sejarah. Istilah ‘bolu’ itu sendiri berasal dari bahasa Portugis ‘bolo‘ yang artinya kue. Bolu adalah kue berbahan dasar tepung (terigu), gula, dan telur. Proses pembuatannya bisa bermacam, salah satunya ya dikukus. Wisata kuliner pastinya berhubungan erat dengan sejarah. Nah, sejarah inilah yang kemudian ingin diangkat oleh Bolu Siliwangi.

Nama Siliwangi berasal dari kata 'Silih' dan 'Wawangi'. Silih Wawangi menjadi kesatuan dari semboyan Prabu Siliwangi, yaitu silih Asih silih Asah silih Asuh silih Wawangi. Maknanya, setiap manusia itu harus saling mengasihi seperti kasih seorang ibu yang memberikan asi pada bayi yang baru lahir. Saling mengasah agar lebih berdaya guna dalam kehidupan dan tentu saja saling mengasuh.

Store Resmi | Bolu Siliwangi | SBK


Kemasan dan Varian Bolu Siliwangi

Sekilas memang tampak biasa saja, tetapi kemasan Bolu Siliwangi selalu memiliki keistimewaan tersendiri. Pertama, kemasannya memiliki ukuran yang pas dengan ukuran bolu kukusnya. Tidak terlalu besar sehingga menyisakan ruang udara yang mengakibatkan tumbuh suburnya bakteri. Kedua, bahannya dipilih yang food grade, dijamin aman untuk makanan.

Lapisan kertas pelindungnya pun dimasukkan dan dilipat dengan mesin, bukan dengan tangan manusia. Alasannya tentu saja untuk mengurangi risiko terkontaminasi bakteri atau kotoran yang mungkin terbawa oleh manusia. Ketiga, desain kemasannya begitu unik dan keren. Salah satu ciri khas dari kemasan SBK adalah logo SBK bergambar maung/macan berwarna hitam berlatar putih.

Bolu Siliwangi adalah produk kuliner yang sudah mengantongi izin, baik itu industri maupun kehalalannya, sehingga pada setiap kemasan selalu ada nomor izin PIRT dan logo halal. Agar konsumen merasa aman, juga terdapat komposisi, saran penyimpanan, kode produksi, dan tanggal kadaluarsa. Daya tahan produk Bolu Siliwangi itu 4 (empat) hari dari tanggal produksi pada suhu kamar atau 14 hari pada penyimpanan di kulkas.

Varian Bolu Siliwangi saat ini terdiri atas 3 (tiga) kategori, yaitu Bolu Klasik, Bolu Asih, dan Dessert Cake. Bolu Klasik memiliki kemasan berbentuk kotak panjang, berisi bolu kukus yang terdiri atas tiga lapisan kue dengan toping keju. Bolu Asih adalah bolu berbentuk cinta/love/hati dengan selai di dalamnya, terdiri atas tiga kemasan S (4 kue), M (8 kue), dan L (12 kue). Sedangkan Dessert Cake adalah bolu kukus berbentuk kubus yang dibalut dengan whipped cream dan cheese cream, ditambah taburan toping di atasnya.

Store Resmi | Bolu Siliwangi | SBK


Store Resmi Bolu Siliwangi

Untuk sistem penjualannya, Bolu Siliwangi secara resmi hanya dijual melalui Store Resmi (toko resmi yang langsung dikelola oleh CV. Boga Karya Siliwangi), Toko Sobis alias Sobat Bisnis (mitra resmi yang langsung bekerjasa sama dengan CV. Boga Karya Siliwangi), dan Reseller (agen yang berhubungan langsung dengan Sobis). Bolu Siliwangi juga dijual secara daring atau online melalui Call Center 1500-556 (Telepon) dan Chat Center 0811-825-0044 (WhatsApp & Telegram).

Saat ini, sudah ada 9 (sembilan) Store Resmi yang tersebar di Banten dan Jawa Barat. Store Resmi ini memiliki ciri khas desain rumah dengan logo Siliwangi Bolu Kukus berukuran besar. Warna dominan adalah hitam putih. Pintu masuk terbuat dari kaca tembus pandang, ada area foto dengan latar bambu dan logo SBK, serta tempat kue yang terbuat dari anyaman bambu dengan desain eksklusif. 2 Store Resmi berlokasi di Bogor, 2 Store Resmi berlokasi di Cibinong, 2 Store Resmi berlokasi di Bandung, 1 Store Resmi berlokasi di Serang, 1 Store Resmi berlokasi di Sukabumi, dan 1 Store Resmi berlokasi di Cimahi.

Kesembilan Store Resmi Siliwangi Bolu Kukus dengan tanggal launching, alamat lengkap, dan google map-nya adalah sebagai berikut.

  1. Store Resmi Stasiun Bogor (Launching 25 Oktober 2019)
    Jl. Mayor Oking, Kel. Cibogor, Kec. Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat
    https://maps.app.goo.gl/TsbNmxj4WEPGzqut8
  2. Store Resmi Moch. Toha Bandung (Launching 25 Januari 2020)
    Jl. Moch. Toha No.145, Kel. Cigereleng, Kec. Regol, Kota Bandung, Jawa Barat
    https://maps.app.goo.gl/6fcAv5e9dhCx5xq38
  3. Store Resmi Pakansari Cibinong (Launching 21 Mei 2020)
    Jl. Kolonel Eddie Yoso Martadipura, Kel. Pakansari, Kec. Cibinong, Kab. Bogor, Jawa Barat
    https://maps.app.goo.gl/BQab7sWYQh7ruiUV9
  4. Store Resmi Cikaret Cibinong (Launching 28 Juni 2020)
    Jl. Raya Cikaret 11-9, Kel. Pabuaran, Kec. Cibinong, Kab. Bogor, Jawa Barat
    https://goo.gl/maps/cnLVSt6qATSto46EA
  5. Store Resmi Pakupatan Serang (Launching 26 Juli 2020)
    Jl. Raya Serang Jakarta KM 4, Kel. Panancangan, Kec. Cipocok Jaya, Kota Serang, Banten.
    https://goo.gl/maps/Sgr7Mjbktz7wzSMi9
  6. Store Resmi Stasiung Bandung (Launching 1 September 2020)
    Pintu Utara, Jl. Kebon Kawung, Kel. Pasir Kaliki, Kec. Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat
    https://goo.gl/maps/n2wVVa6J51CHccez5
  7. Store Resmi Sudirman Sukabumi (Launching 8 Mei 2021)
    Jl. Jend. Sudirman, Kel. Gunungparang, Kec. Cikole, Kota Sukabumi, Jawa Barat
    https://goo.gl/maps/QacGz2ZLGrdyJXb49
  8. Store Resmi Padasuka Cimahi (Launching 17 Juli 2021)
    Jl. Raya Rancabelut No.818B, Kota Cimahi, Jawa Barat
    https://goo.gl/maps/qSuWrTJyLwknGHbS9
  9. Store Resmi Raya Bogor (Launching 10 Agustus 2021)
    Jl. Raya Bogor, Kel. Cimandala, Kec. Sukaraja, Kab. Bogor, Jawa Barat
    https://goo.gl/maps/pBoUDodw34FdJ4Lt6

Post a Comment

12 Comments

  1. waaa asik banget ya bang udah aca cabang baru lagi, jadinya semakin gampang nih kalo mau beli siliwangi bolu kukus, udah banyak cabangnya soalnya hihihi, sukses terus untuk siliwangi bolu kukus yaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, semoga dengan menambah store baru dan juga tersebar ke 11 provinsi, masyarakat jadi lebih mudah mendapatkan Bolu Siliwangi ^_^

      Delete
  2. Berharap nanti storenya juga ada di banjarmasin deh, meskipun bukan orang sana, tapi aku meyakini ini kuliner pasti rasanya enak, hehehe soalnya storenya banyak, pasti banyak yg suka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiiin ... Bolu Siliwangi goes to Kalimantan yeay!

      Delete
  3. Wah aku pengen banget nih nyobain Siliwangi Bolu Kukus ini, ntar deh kalau jalan-jalan ke kota yang ada store-nya aku mau nyobain beli. Penasaran banget soale.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan. Bisa dimulai dari Bandung atau Bogor hehehe

      Delete
  4. Bang, di antara semua produk yang paling recommended yang apa atau rasa apa? Trus aku tertarik juga nih sama dessert cake-nya, berapaan sih itu menggoda banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semuanya recommended hahaha, tapi kalau Bolu Klasik saya lebih suka yang rasa stroberi, alpukat, dan yang terbaru ada Red Velvet + Blackforrest + Durian. Kalau dessert cake semuanya pun enak, utamanya yang ada duriannya. Bolu Cinta sama saja, hanya saja bentuknya lebih gigitable dan dijamin gak belepotan.

      Delete
  5. maju terus dan berkembang yaaa bisnisnya Kang... aku tuh belum pernah cobain lhoooo

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau lagi di Jakarta, pesen aja, Mbak. Bisa beli online kok. Eh, di Lampung juga buka lho.

      Delete
  6. dessert cake-nya kelihatan menggiurkan banget ya :3 pengen borong semua rasa

    ReplyDelete