Satu Bumi untuk Masa Depan

Hari Lingkungan Hidup 2022 | KLHK | Aksi Bersih Sungai

Hari Lingkungan Hidup (HLH) sedunia yang diperingati setiap tanggal 5 Juni diramaikan dengan beberapa kegiatan yang dilakukan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dan dinas atau badan lingkungan hidup yang ada di masing-masing provinsi/kabupaten/kota. Tema “Satu Bumi untuk Masa Depan” diusung sebagai pengingat bahwa bumi adalah satu-satunya rumah bagi seluruh manusia dengan berbagai potensi krisis lingkungan yang harus dihadapi.

Untuk mengatasi krisis lingkungan tersebut, diadakanlah berbagai kegiatan seperti aksi bersih sungai, bersih pantai, funbike, penanaman pohon, lomba menggambar, dan lomba mengarang. Masyarakat yang mengikuti kegiatan itu pun menyambut dengan antusias, terlihat dari animo masyarakat yang berperan serta mengikuti di lingkungannya masing-masing. Sebagai contoh, ada 907 orang dari berbagai komunitas yang berhasil mengumpulkan 5.189 kg sampah dari Sungai Ciliwung sepanjang Pasar Cisarua, Katulampa, hingga Srengseng Sawah.

Aksi bersih-bersih di Sungai Ciliwung melibatkan seluruh staf Direktorat Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan yang dipimpin langsung oleh Bapak Ir. Sigit Reliantoro, M.Sc (Direktur Jenderal), dibantu oleh Dinas Lingkungan Hidup/SKPD terkait lingkup Kabupaten/Kota Bogor, komunitas pemerhati Sungai Ciliwung, serta masyarakat sekitar di sepanjang Sungai Ciliwung.

Sampah-sampah yang berhasil dikumpulkan seperti sampah kain, botol, plastik, styrofoam, dan bekas-bekas pakaian bayi (pampers/popok) tersebut dimasukan ke dalam karung-karung. Sampah tersebut kemudian dipilah berdasarkan jenisnya, untuk selanjutnya dilakukan penimbangan, hingga akhirnya diangkut ke tempat pembuangan akhir. Jika tidak dibersihkan, sampah tersebut bisa menghambat laju aliran sungai dan menyebabkan bencana banjir.

Hari Lingkungan Hidup 2022 | KLHK | Aksi Bersih Sungai

Hari Lingkungan Hidup

Aksi Satu Juta Sepeda untuk Satu Indonesia

Aktivitas berlanjut pada keesokan harinya, Minggu (5/6/2022), dengan melakukan kegiatan yang bertema “Aksi Satu Juta Sepeda untuk Satu Indonesia” yang diikuti oleh ribuan pesepeda dari berbagai komunitas di Jabodetabek. Kegiatan yang diprakarsai oleh KLHK itu bekerjasama dengan Komunitas Bike to Work (B2W) Indonesia sekaligus merayakan Hari Bersepeda Sedunia yang jatuh pada tanggal 3 Juni 2022.

Aksi tersebut dimulai dari Gedung Balaikota DKI Jakarta dengan dilepas dan diikuti langsung oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan, dan berakhir di Gedung Manggala Wanabhakti, Kantor KLHK. Ini adalah komitmen dan wujud nyata untuk mengajak, mendorong, dan mengedukasi masyarakat untuk berperan serta dalam melestarikan lingkungan hidup khususnya mengurangi polusi udara yang ditimbulkan oleh kendaraan bermotor.

Bapak Sigit yang didampingi oleh Luckmi Purwandari, S.T., M.Si (Direktur Pengendalian Pencemaran Udara) menyampaikan bahwa penggunaan renewable energy merupakan masa depan bersama. Masyarakat harus didorong untuk menggunakan energi yang ramah lingkungan seperti sepeda atau menggunakan transportasi massal ramah lingkungan yang bisa memobilisasi rutinitas mereka.

Pada kesempatan itu dilakukan pula deklarasi komunitas pesepeda se-Jabodetabek, pembentukan komunitas bersepeda bagi staf/pegawai sekaligus peresmian sarana parkir sepeda di Kantor KLHK, penanaman pohon Mahoni yang dapat menyerap zat polutan, dan pelepasanliaran burung Kutilang ke habitat alam yang dipimpin oleh Bapak Sigit. Keceriaan para pesepeda hari itu terasa semakin lengkap dengan adanya hiburan, aneka makanan/minuman, dan pembagian doorprize.

Hari Lingkungan Hidup 2022 | KLHK | Aksi Sejuta Sepeda

Hari Lingkungan Hidup

Uji Emisi Kendaraan Roda Empat

Tidak mau kalah dengan apa yang dilakukan oleh pemerintah pusat, semarak kegiatan HLH juga dilakukan oleh pemerintah daerah seperti Dinas Lingkungan Hidup Kota Cimahi dengan melakukan kegiatan uji emisi bagi kendaraan roda empat selama 3 hari (7-9 Juni 2002) dengan target 600 kendaraan berbahan bakar bensin atau solar. Selain memperingati HLH, acara tersebut dilaksanakan untuk memperingati Hari Ulang Tahun Kota Cimahi ke-21.

Acara dibuka secara resmi oleh Ibu Lilik Setyaningsih, S.H (Kadis Lingkungan Hidup Kota Cimahi) dan melibatkan unsur TNI, Kepolisian Resort Kota Cimahi, dan dinas/badan terkait di lingkungan Kota Cimahi, termasuk perwakilan KLHK. Turut hadir Letkol (Purn.) Ngatiyana (Plt. Walikota Cimahi) beserta jajaran pejabat di bawahnya, Ketua DPRD Kota Cimahi, Kepala Kejaksaan Negeri Kota Cimahi, dan tentu saja masyarakat umum.

Hari Lingkungan Hidup 2022 | KLHK | Aksi Uji Emisi

Bapak Ngatiyana sangat menyambut baik kegiatan uji emisi tersebut dan berharap kualitas udara Kota Cimahi dapat terus terpantau dengan baik. Semoga dengan semua kegiatan di atas, masyarakat bisa lebih teredukasi untuk bersama-sama menjaga dan melestarikan lingkungan. Sinergi antara pemerintah dan masyarakat tentu akan mewujudkan hidup lebih sehat di lingkungan yang sehat.[]

Penulis : Herru Krisnanto, Ahli Muda Pengendali Dampak Lingkungan,
Direktorat PPU, Ditjen PPKL KLHK | Editor : Bang Aswi

Post a Comment

4 Comments

  1. Terima kasih bang Herru dan bang Aswi, telah mendokumentasikan aksi cinta lingkungan. Semoga rekaman ini menjadi penular banyak elemen masyarakat bergerak nyata menjaga lingkungan kita... Suatu karya tulis yang luar biasa..
    Ditunggu karya berikutnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin..., terima kasih pak Gamin, masih dalam bimbingan bang Aswi pak. Mohon bimbingan dan supportnya dari Bapak juga.

      Delete
  2. artikelnya sangat menghibur

    ReplyDelete