Laptop Atletis ala Vivobook Pro 14 OLED

VivoBook Pro 14 OLED | M3400 | Kipchoge

Selama sakit dan dirawat di rumah sakit, mata dan telinga sosok itu itu tidak lepas dari gelaran akbar Berlin Marathon. Acara lari bergengsi tingkat dunia yang diikuti oleh pecinta lari marathon dari seluruh dunia itu digelar pada hari Minggu, 25 September 2022, waktu setempat. Alasannya sederhana, selain suka dengan olahraga lari, ada banyak kawannya yang ikut menjadi peserta dan tentu saja bisa menyaksikan kehebatan Eliud Kipchoge.

Kipchoge adalah pelari elite marathon asal Kenya yang masih menjadi peringkat pertama dunia dan belum terkalahkan. Ia pernah memecahkan waktu kurang dari dua jam untuk lari marathon di ajang tidak resmi karena mencoba sepatu mahal yang bisa mempercepat larinya plus dibantu beberapa pacer dan mobil penjaga waktu, sehingga catatan waktunya dianggap tidak sah. Namun hal itu tidak bermasalah baginya.

Benar saja, hari Minggu kemarin ia membuktikan bahwa dirinya masih tetap yang tercepat di dunia. Kipchoge berhasil mempertajam rekor dunia marathon dengan catatan waktu 2 jam 1 menit 9 detik, mematahkan rekornya sendiri pada 2018 yang diakui secara resmi. Pelari berusia 37 tahun itu kemudian berlari sendiri setelah 25 km meninggalkan jauh para pesaingnya dan menjadi pelari putra kedua yang menjuarai empat kali ajang Berlin Marathon.

Vivobook Pro 14 OLED

Kipchoge dan Vivobook Pro 14 OLED

Berbicara tentang Kipchoge, membuat sosok itu teringat dengan salah satu laptop yang baru-baru ini dirilis oleh ASUS di Velodrome Jakarta pada bulan Agustus lalu. Tahu banget lah bahwa velodrome itu 'sport venue' yang sering dipakai untuk ajang balap sepeda tingkat nasional dan menurut pengakuan Mbak Katerina, acara peluncuran laptop tersebut dikemas begitu 'sporty' dengan meminta para undangan memakai baju 'sporty'.

Huaaa ... jujurly sosok itu kepengen banget bisa hadir ke sana, gak peduli harus menempuh perjalanan Bandung Jakarta, tetapi dia ada tanggung jawab pekerjaan yang tidak bisa ditinggalkan. Hiks. Sekali lagi ihiks. Tapi alhamdulillah, sedikit rasa kangennya terobati dengan kehadiran kawan-kawan Blogger Jakarta yang bisa menyaksikan aksi panggung Kikan dengan lagu 'Bendera' dan beberapa atlet sepeda BMX. Pastinya pecahhh!

Kipchoge dan Vivobook Pro 14 OLED itu mirip. Kalau dirunut dengan detail, masing-masing memiliki kelebihan yang bisa jadi banyak sekali. Yakin, deh. Akan tetapi untuk mempermudah membandingkannya, mari kita ambil tiga garis besar persamaannya, yang kebetulan Mbak Katerina pernah mengatakan sendiri di blognya bahwa ada 3 (tiga) keunggulan utama dari Vivobook Pro 14 OLED (M3400).

Vivobook Pro 14 OLED

Pertama

Kipchoge memiliki daleman yang sangat superior sebagai seorang atlet. Tubuhnya sudah ditempa sedemikian rupa sejak dini dengan latihan yang tidak main-main. Menurut studi yang dilansir Fitness Genes, ada faktor lingkungan dan sosial yang berkontribusi atas dominasi para pelari Afrika Timur, yaitu sudah terbiasa terekspos pada ketinggian sehingga kapasitas paru-paru mereka dari sananya memang lebih besar.

Lalu dipadukan dengan latihan berintensitas tinggi dan motivasi besar, mereka pun kemudian bisa menjadi pelari andal. Kipchoge berlatih setiap hari, setiap pagi dan sore dengan kapasitas latihan yang luar biasa serta tentu saja ada tim kesehatan yang selalu menjaga tubuhnya agar tetap prima. Pola hidupnya pun dijaga sedemikian rupa sehingga energinya tidak boleh ada yang terbuang percuma seperti halnya manusia biasa yang doyan nonton ke bioskop sambil minum soda.

VivoBook Pro 14 OLED | M3400 | Kipchoge

Begitu pula dengan daleman ASUS Vivobook Pro 14 OLED yang menggunakan AMD Ryzen™ 5000 H-Series Mobile Processors. Sebuah prosesor yang biasa terpasang di laptop-laptop gaming karena performa yang dimilikinya mampu menjalankan berbagai game berat tanpa kendala. Otomatis membuatnya memiliki kemampuan multi-tasking yang dapat meningkatkan produktivitas.

“Performa kencang memastikan Anda untuk selalu produktif, itulah yang ingin ASUS hadirkan untuk para pengguna Vivobook Pro 14 OLED (M3400),” ujar Jimmy Lin, ASUS Southeast Asia Regional Director. “Layar ASUS OLED pun hadir di laptop ini untuk memberikan pengalaman visual terbaik sekaligus melindungi kesehatan mata Anda. Semuanya dihadirkan dalam Vivobook Pro 14 OLED yang dibanderol dengan harga terjangkau. Sudah powerful, terjangkau pula.”

Vivobook Pro 14 OLED (M3400) merupakan laptop yang ditenagai oleh prosesor powerful AMD Ryzen™ 5000 H-Series Mobile Processors. Prosesor berperforma tinggi yang biasanya digunakan di laptop gaming tersebut dirancang menggunakan arsitektur Zen3 melalui pemrosesan 7nm, sehingga memungkinkan Vivobook Pro 14 OLED tidak hanya memiliki performa komputasi yang sangat andal tetapi juga dapat hadir dengan daya tahan baterai yang panjang.

Varian tertinggi Vivobook Pro 14 OLED (M3400) akan ditenagai oleh AMD Ryzen™ 7 5800H Mobile Processor. Prosesor tersebut menggunakan konfigurasi 8-core dan 16-thread serta mampu berjalan di frekuensi hingga 4,4GHz. Vivobook Pro 14 OLED juga dibekali dengan memori berkapasitas hingga 16GB serta penyimpanan PCIe SSD berkapasitas 512GB, membuatnya selalu andal untuk berbagai aktivitas termasuk multitasking.

“AMD bangga bermitra dengan ASUS melalui produk Vivobook Pro 14 OLED ini dengan fitur baru yang menarik demi meningkatkan pengalaman pengguna yang lebih baik.” kata Peter Chambers, Managing Director, Sales, AMD Asia Pacific & Japan. “Ditenagai  AMD Ryzen™ 7 5800H Mobile Processor dengan grafis AMD RadeonTM, ASUS Vivobook Pro 14 OLED membawa performa dan efisiensi luar biasa berkat arsitektur AMD Zen 3 dan teknologi proses 7nm yang canggih untuk mengelola aktivitas dan beban kerja produktivitas yang sangat menuntut saat ini dengan daya tahan baterai yang panjang.”

Agar performa yang dihadirkan selalu optimal, ASUS juga membekali Vivobook Pro 14 OLED (M3400) dengan sistem pendingin IceCool Plus terbaru. Sistem pendingin tersebut ditenagai oleh dua kipas khusus berbahan Liquid Crystal Epoxy Polymer (SCP) sehingga dapat hadir dengan 86 bilah di setiap kipasnya. Sistem pendingin ASUS IceCool Plus mampu menghadirkan aliran udara 16% lebih baik serta memastikan Vivobook Pro 14 OLED (M3400) dapat selalu bekerja secara optimal.

Vivobook Pro 14 OLED

Kedua

Manusia sempurna itu bukanlah orang yang berkulit putih, hidung mancung, gigi berbaris putih, tubuh atletis, dan memiliki tinggi tubuh tertentu. Tidak. Dunia iklan yang seperti itu sudah lama ditinggalkan. Namun dari semua ciri yang sudah disebutkan, mayoritas sepakat bahwa manusia yang mendekati sempurna adalah mereka yang memiliki tubuh sehat dan tentu saja atletis. Kipchoge sudah masuk dalam golongan tersebut.

Sebagai seorang atlet lari marathon dunia, ia memiliki visual tubuh yang begitu indah. Kulit hitam sebagai ciri khas bangsa Afrika memberikan kelebihan tubuh seksi yang dimimpikan oleh semua atlet lari. Ketinggian tubuhnya pun proposional sehingga pantas saja ia selalu cocok mengenakan pakaian 'sporty' yang dipilihkan oleh sponsornya dengan warna-warna cerah. Keindahan visual yang mirip dengan teknologi layar OLED dari ASUS.

VivoBook Pro 14 OLED | M3400 | Kipchoge

Ya, dibekali layar ASUS OLED, Vivobook Pro 14 OLED jelas menjadikannya sebagai laptop yang memiliki visual layaknya seorang atlet. Teknologi layar OLED dari ASUS ini menjamin akurasi warna seindah kenyataan, bidang kerja lebih luas berkat rasio layar 16:10, serta teknologi low blue-light dan anti-flicker untuk kenyamanan dan kesehatan mata pengguna. Layar ASUS OLED memastikan hadirnya pengalaman visual terbaik untuk segala aktivitas.

Semua laptop yang menggunakan layar ASUS OLED telah mengantongi sertifikasi low blue-light dan anti-flicker dari TÃœV Rheinland. Artinya, layar Vivobook Pro 14 OLED (M3400) tidak hanya lebih aman untuk kesehatan penggunanya, tetapi juga lebih nyaman saat digunakan. Berkat fitur tersebut, pengguna Vivobook Pro 14 OLED dapat bekerja lebih lama tanpa membuat mata mudah lelah. Layar ASUS OLED juga menghadirkan kualitas visual terbaik. Kok bisa?

Tidak hanya melalui dukungan fitur HDR yang tersertifikasi oleh VESA, ASUS OLED juga mampu mereproduksi warna yang sangat kaya dengan color gamut mencapai 100% pada color space DCI-P3. Tingkat akurasi warna yang dihasilkan juga sangat tinggi dan sudah berstandar industri melalui sertifikasi PANTONE Validated Display. Fitur lain yang menarik dari layar Vivobook Pro 14 OLED (M3400) adalah kini laptop tersebut mengusung rasio layar 16:10 beresolusi 2.8K (2880x1800) yang membuat ruang kerja semakin luas dan berpengaruh langsung pada produktivitas.

 

Ketiga

Kelincahan Kipchoge di jalanan kota atau pedesaan sudah terbukti nyata dengan kemenangan dan rekor yang kerap ia raih. Seperti tidak ada halangan yang begitu berarti di depannya, berlari dengan begitu ringan dengan wajah yang sesekali tersenyum bahagia, tanpa beban sama sekali. Manusia super sat-set-sat-set, layaknya laptop ASUS Vivobook Pro 14 OLED yang sangat cocok sebagai laptop harian bagi mereka yang hidupnya mobile dan dinamis.

Laptop ini juga layak menyandang gelar super sat-set-sat-set karena memiliki dimensi bodi yang ringkas, tipis, dan ringan. Pemakaianya jadi merasa tidak terbebani meski harus melakukan aktivitas seharian. Bekerja di mana saja tidak menjadi masalah, apakah WFH atau WFO. Pelajar sekolah dasar sampai mahasiswa bakal terbiasa mengerjakan tugas-tugas mereka lalu mengunggahnya ke cloud. Mereka bisa berkreasi secara visual sampai multimedia.

VivoBook Pro 14 OLED | M3400 | Laptop Atletis

Vivobook Pro 14 OLED (M3400) merupakan laptop yang dirancang sebagai perangkat penunjang aktivitas sehari-hari sehingga penggunanya dapat menjadi lebih produktif seperti touchpad dengan ukuran yang lebih luas serta keyboard ASUS ErgoSense. Keyboard tersebut hadir dengan jarak tombol, kedalaman tekan, serta stabilitas yang telah dirancang khusus serta presisi agar penggunanya nyaman saat mengetik.

Selain keyboard dan touchpad, Vivobook Pro 14 OLED juga dibekali sistem audio khusus dengan teknologi AI Noise Cancelling. Teknologi tersebut dapat meredam suara bising di sekitar pengguna sehingga Vivobook Pro 14 OLED dapat selalu diandalkan untuk melakukan conference call atau online meeting di berbagai kondisi. Laptop ini juga telah hadir dengan HD webcam terintegrasi agar penggunanya selalu siap untuk video conference kapan saja.

Mobilitas tinggi? Tentu saja Vivobook Pro 14 OLED bakal menjadi perangkat andalan karena laptop ini didesain ringkas dan ringan dengan bobot hanya 1,4 kg serta ketebalan bodi hanya 18,9 mm. Terakhir, Vivobook Pro 14 OLED (M3400) dibekali dengan baterai berkapasitas 50Wh sehingga dapat mendukung aktivitas penggunanya hingga lebih dari delapan jam penggunaan normal berdasarkan pengujian PCMark 10 Battery pada mode Modern Office.

Vivobook Pro 14 OLED

Kesimpulannya

Vivobook Pro 14 OLED (M3400) hadir dengan ditenagai AMD Ryzen™ 5000 H-Series Mobile Processors yang memiliki full powerful performance core untuk multitasking bahkan video editing. Selain powerful, prosesor ini memberikan daya baterai lebih awet sehingga produktivitas harian semakin maksimal. Dilengkapi dengan kartu grafis integrasi AMD Radeon yang memberikan performa gaming yang tanpa lag. Produktivitas harian di mana pun dan kapan pun jadi maksimal dengan performa prosesor dan kartu grafis dari AMD ini.

Kalau misalnya sosok itu ditawari untuk memiliki Vivobook Pro 14 OLED ini, jelas tidak akan berpikir panjang lagi. Langsung sat-set-sat-set bilang "YES!" Dia tahu sendiri bagaimana kebutuhan pekerjaan saat ini yang menuntutnya untuk bekerja cepat dan cerdas. Seperti Kipchoge yang berlari sangat cepat dan siap menjadi pemenang maka sosok itu sendiri juga harus menjadi pemenang dengan laptop ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400) di tangannya.[]

Vivobook Pro 14 OLED

Main Spec. Vivobook Pro 14 OLED (M3400)

CPU AMD Ryzen™ 7 5800H Mobile Processor (8-core/16-thread, 20MB cache, up to 4.4 GHz max boost)
AMD Ryzen™ 5 5600H Mobile Processor (6-core/12-thread, 19MB cache, up to 4.2 GHz max boost)
Operating System Windows 11 Home
Memory 16GB DDR4
8GB DDR4
Storage 512GB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD
Display 14-inch, 2.8K (2880 x 1800) 16:10, ASUS OLED, 90Hz 0.2ms, 600nits,
DCI-P3 100%, Pantone Validated, VESA HDR True Black
Graphics AMD Radeon™ Graphics
Input/Output 1x USB 3.2 Gen 2 Type-A, 2x USB 2.0 Type-A, 1x HDMI 1.4, 1x 3.5mm Combo Audio Jack, Micro SD card reader
Camera 720p HD camera with privacy shutter
Connectivity Wi-Fi 6(802.11ax) (Dual band) 2*2 + Bluetooth 5
Audio Smart Amp Technology, Built-in speaker, Built-in array microphone, harman/kardon certified audio
Battery 50WHrs, 3S1P, 3-cell Li-ion
Dimension 31.58 x 22.63 x 1.89 ~ 1.92 cm
Weight 1.4 Kg
Colors Solar Silver, Cosmos Blue
Price Rp11.299.000 (Ryzen 5 / 8GB RAM / 512GB SSD)
Rp11.799.000 (Ryzen 5 / 16GB RAM / 512GB SSD)
Rp12.799.000 (Ryzen 7 / 16GB RAM / 512GB SSD)
Warranty2 tahun garansi global dan 1 tahun ASUS VIP Perfect Warranty

Post a Comment

2 Comments

  1. emang laptop kece banget sih ini.. jadi pengen punya juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apalagi saya, semoga suatu saat bisa memilikinya ^_^

      Delete