Zenbook S 13 OLED, Laptop Terbaik Sosok Itu

Zenbook S13 OLED

Dalam beberapa kesempatan, sosok itu kadang bertanya kepada keluarga atau sahabatnya, apa yang menjadi ciri khas pada dirinya. Lalu mengalirlah beberapa jawaban seperti bahwa dia adalah seorang blogger yang hobi sepedaan dan lari. Terus bergerak dan tampak sehat. Amin. Penulis segala bisa, termasuk ngedesain buku, kaos, dan sejenisnya. Plus dikenal jago motret. Alhamdulillah.

Yup, dia mengakuinya. Bahwa ciri-ciri di atas itulah yang menjadi kekuatan branding dan sudah dilakoninya berpuluh tahun yang lalu. Meski belajar ilmu kefarmasian, dia pun menekuni dunia kepenulisan lewat organisasi bernama Forum Lingkar Pena (FLP) sambil terus mengasah hobinya di dunia seni, seperti mendesain dan memotret. Langkah kakinya juga terus bergerak di beberapa komunitas.

Atas dasar itulah, LAPTOP adalah alat yang WAJIB dimilikinya. Apalagi sejak menikah, rezekinya mengalir dari dunia kepenulisan meski awalnya dimulai dari mesin tik dan rental-rental komputer. Untuk mengikuti aktivitasnya di atas, tentu laptop yang dimilikinya haruslah memiliki beberapa kriteria yang dianggap layak dan pantas. Jadi, bagaimanakah laptop terbaik versi sosok itu?

  1. Harus ringan dan kuat. Pokoknya cocok dibawa touring, bersepeda, atau backpacker. Tentang hal ini, dia sendiri pernah menulis bahwa Vivobook 15 itu mudah dibawa bersepeda.
  2. Sudah dilengkapi Windows 11 Home asli karena pekerjaan utamanya adalah menulis. Sampai saat ini, dia sudah merasa nyaman dengan Microsoft Office 2021 karena sering memakai tiga aplikasi utama, yaitu Word, Excel, dan PowerPoint. Paling tidak, miriplah dengan Expertbook B3 Flip.
  3. Memiliki prosesor yang kencang dan memori besar karena pekerjaan utama lainnya selain menulis adalah desain grafis dan edit video/foto. Laptop profesional seperti Expertbook B7 Flip tentu sangat cocok.
  4. Desain futuristik yang gak malu-maluin alias keren pisan, lah. Vivobook Pro 14X OLED itu keren dan pernah dipakainya. Tambahan lainnya kalau memungkinkan tentu saja memakai bahan yang ramah lingkungan karena rasa cintanya pada planet Bumi.
  5. Memiliki warna layar yang mumpuni sekelas OLED karena terbukti menyehatkan mata meski harus bekerja lama di depannya.
  6. Baterai yang tahan lama seperti Zenbook 13/14 dan memiliki kamera mumpuni agar rapat online terasa nyaman dan menyenangkan.

 ASUS Zenbook S 13 OLED

ASUS Zenbook S 13 OLED

Dari beberapa laptop yang pernah dicobanya dan ditulis di blog, termasuk semua laptop yang hanya bisa dipandangnya di akun-akun produsen laptop, sosok itu ternyata terpincut pada ASUS Zenbook S 13 OLED. Alasannya sederhana, semua ciri yang sesuai dengan kepribadiannya di atas, ternyata ada di laptop yang dikenal sebagai World's Thinnest and Lightest OLED Laptop itu.

Laptop Tipis dan Ringan

Ya, laptop tersebut memang sangat tipis dan super ringan! Dengan ketipisan 1 cm dan bobot yang hanya 1 kg, Zenbook S 13 OLED sudah menggunakan prosesor Intel® Core™ generasi ke-13 yang efisien dengan layar NanoEdge berukuran 13,3 inci 16:10 2.8K OLED HDR. Laptop ini pun dikenal sebagai Zenbook paling ramah lingkungan yang pernah ada. More care, less impact!

1. MOBILITY

Ringan dan kuat adalah spesifikasi wajib dari laptop sosok itu. Alhamdulillah Zenbook S 13 OLED memiliki bobot hanya 1 kg. Ini karena menggunakan mesin CNC guna memanfaatkan ruang yang tersedia untuk berbagai komponen di dalamnya secara efisien. Ukuran profil sampingnya hanya berukuran 1 cm, hampir setipis pena!

Begitu pun penyematan FHD IR camera yang lebih tipis namun berfitur lengkap di CNC-machined lid, termasuk panel OLED ultra-tipis yang didesain secara khusus. Laptop ini menggunakan circuit boards dengan lapisan yang lebih sedikit dan kerapatan wiring yang lebih tinggi (memuat lebih banyak transistor). Banyaknya transistor akan memberikan performa yang lebih baik dengan bobot yang lebih ringan, di dalam ruang yang lebih ringkas.

Bahannya? Paduan magnesium-aluminium digunakan untuk bagian dek keyboard, membentuk struktur kuat yang tidak memerlukan penyangga tambahan. Begitu pula dengan lapisan kaca yang sangat tipis digunakan untuk area touchpad, demi pengalaman navigasi yang sangat mulus. Artinya, semua itu akan membuat laptop ini 25% - 30% slimmer than the previous gen model. Laptop tipis, tapi kuat.

Military-Grade

2. MILITARY-GRADE

Laptop ASUS terbaru selalu dirancang dengan ketangguhan luar biasa yang memenuhi standar military-grade US MIL-STD-810H. Artinya, semua produknya harus menjalani 12 metode pengujian yang ketat dan 26 prosedur pengujian yang berat, melebihi standar industri. Hasilnya adalah serangkaian produk yang terkenal akan keandalan dan daya tahannya.

Bayangkan saja, selain puluhan metode/prosedur di atas, Zenbook S 13 OLED juga diuji ketahanannya pada suhu ekstrem, yaitu -51°C ~ 71°C. Begitu pula dengan uji kelembapan 95% selama 10 hari. Faktor-faktor ini juga secara inheren bermanfaat bagi umur laptop yang panjang dan terkait hal sustainability. Laptop ASUS adalah laptop terbaik untuk hari ini, dan jauh di masa depan.

3. PERFORMANCE

Adanya prosesor Intel® Core™ i7 generasi ke-13 yang dimasukkan ke dalam sasis yang super ringan, jelas membuat Zenbook S 13 OLED memiliki kinerja premium mobile yang dapat menangani tugas apa pun. Laptop ini juga sudah tersertifikasi Intel® Evo™ dengan pengaktifan instan, koneksi WiFi yang lebih cepat, dan efisiensi baterai yang tinggi untuk membuat tetap produktif sepanjang hari.

Windows 11 Home

Laptop ASUS hadir yang dilengkapi dengan Windows 11 Home. Ketika pekerjaan menumpuk, laptop ASUS dengan Windows 11 siap membantu Anda menyelesaikannya. Laptop ASUS dengan Windows 11 yang lebih nyaman di mata, memungkinkan Anda mengekspresikan diri dan cara kerja terbaik Anda. Dan tidak hanya Windows 11 asli, tersedia juga genuine Microsoft Office 2021 untuk menunjang aktivitas Anda sepanjang hari.

Dilengkapi Office Pre-Installed
Nikmati semua manfaat dengan PC yang lengkap – PC sudah termasuk Office Home & Student 2021. Aplikasi Office versi lengkap (Word, Excel, dan PowerPoint) memberikan semua fungsi yang dibutuhkan dan diharapkan oleh penggunanya. Penggunaan aplikasi Office seumur hidup dapat memastikan Anda untuk selalu memiliki akses ke fitur yang Anda kenal dan sukai. Dilengkapi dengan 100% aplikasi Office asli, software juga akan terus mendapatkan pembaruan keamanan yang rutin untuk melindungi perangkat, program dan data Anda.

4. DESIGN

Tersedia dalam dua warna yang menawan: Basalt Grey (merupakan warna terbaru dari ASUS Zenbook) dan Ponder Blue yang klasik menawan. Basalt Grey terinspirasi oleh keindahan alami bebatuan sedangkan Ponder Blue adalah skema warna lebih gelap yang menawan. Warna, corak, tekstur, dan aspek desain lainnya dibuat secara spesifik menggunakan teknik khusus yang memanfaatkan suhu serta energi listrik.

Basalt Grey - Ponder Blue

Selain warna, gaya minimalis adalah bagian penting dari bahasa desain Zenbook, yaitu dengan garis-garis yang bersih dan siluet ramping yang akan menarik perhatian. Ini adalah ultraportable yang mencerminkan filosofi desain murni minimalis modern. Begitu pula dengan bahan materialnya yang kali ini menggunakan Plasma Ceramic Aluminium.

Ya, untuk pertama kalinya, laptop ini menggunakan proses khusus untuk mengubah tutup aluminium menjadi plasma ceramic aluminum yang eksklusif. Proses ini menggunakan air murni dan tidak memerlukan senyawa organik, asam kuat, atau logam berat. Sebaliknya, metode berbasis low-impact bath yang ramah lingkungan ini menghasilkan transformasi fisik dan kimiawi pada aluminium.

Hal tersebut menghasilkan peningkatan ketahanan aus, perlindungan korosi, manajemen termal, kekerasan material, dan masa pakai. “It feels like nothing else. It always looks like new.” Teknik khusus yang memanfaatkan suhu serta energi listrik membuat setiap unit laptop ini dapat tampil unik antara satu dengan yang lainnya. Tidak ada yang sama persis!

Menariknya lagi, lapisan logam yang digunakan di laptop ini membuatnya semakin tangguh dan dapat bertahan dalam jangka waktu yang panjang. So listen, “Minimum eco impact, maximum practicality.”
Berbeda dengan bahan lainnya, perlindungan terhadap korosi pada komponen plasma ceramic aluminum tidak perlu dilapisi oleh lapisan anti korosi, sehingga lebih mudah untuk didaur ulang.

Sustainibility

Elemen natural telah lama menginspirasi desain dan pengerjaan seri Zenbook. ASUS mencoba untuk mengurangi emisi karbon dengan memasukkan bahan daur ulang dan merancang packaging yang lebih ramah lingkungan. Selain itu, Zenbook S 13 OLED melampaui standar efisiensi energi, ENERGY STAR® sebesar 43% untuk mengurangi konsumsi daya listriknya.

Melalui berbagai upaya tersebut, keseluruhan tujuan dari hadirnya laptop ini terhadap inisiasi pelestarian lingkungan adalah untuk tercapainya netralitas karbon. Dengan desain tanpa lem dan plastik, packaging laptop ini menggunakan bahan 100% kertas yang bersertifikasi FSC™ Mix, terbuat dari hasil hutan yang dikelola secara bertanggung jawab. Termasuk penggunaan packaging sebagai laptop stand.

5. DISPLAY

Layar NanoEdge 2.8K OLED HDR yang menakjubkan pada Zenbook S 13 OLED membuat setiap tampilan berbagai momen yang istimewa tetap detail dan sangat jelas. Fitur OLED ini jelas menghidupkan pemandangan dengan warna yang berkelas profesional. Ada lima alasan mengapa harus memilih laptop ASUS OLED. Pertama, 100% gamut warna DCI-P3 terbaik di kelasnya.

ASUS OLED

Tampilan yang jelas ini cocok untuk setiap hasil kreativitas yang presisi, color work, dan hiburan visual yang lebih hidup. Kedua, cahaya biru yang membahayakan 70% lebih rendah. Dengan tingkat blue light yang membahayakan menjadi lebih rendah, OLED menawarkan kesehatan bagi mata dan kualitas tidur yang lebih baik. Ketiga, kejernihan gerakan tertinggi 0,2 ms.

Oleh karena itu adegan aksi blur-free dalam film dan game dengan scrolling teks yang sangat mulus. Empat, gambar yang lebih jernih pada tingkat kecerahan berapa pun. Warna yang kaya, bahkan pada kecerahan rendah akan selalu memukau. Lima, DisplayHDR™ True Black 500 yang memungkinkan dapat melihat detail dalam adegan film yang gelap.

Dengan perangkat lunak ASUS Splendid yang terintegrasi, gamut warna dapat dengan cepat dan mudah dialihkan agar sesuai dengan berbagai tugas atau preferensi. Pilih antara pengaturan warna asli yang sangat jelas, sRGB untuk konten web atau penelusuran, DCI-P3 untuk konten sinema, atau Display-P3 untuk warna dunia nyata yang luar biasa.

Battery ASUS

6. AUDIO & BATTERY

Nikmati setiap hiburan favorit dengan suara realistis yang menakjubkan. Zenbook S 13 OLED memiliki sistem suara stereo Dolby Atmos® yang juga tersertifikasi Harman Kardon, dengan dukungan Smart Amplifier yang dapat meningkatkan volume hingga 3,5x lebih kencang daripada amplifier standar. Tidak perlu panik jika tidak menemukan stopkontak saat berpergian.

Baterai Zenbook S 13 OLED yang tahan lama dengan kapasitas baterai 63 Wh dapat membuat laptop ini berfungsi sangat baik, yaitu bisa sampai 14 jam atau lebih. Dan ketika tiba waktunya untuk melakukan pengisian daya, prosesnya pun berlangsung sangat cepat karena sudah mendukung fast charging, yaitu 49 menit bisa megnisi sampai 70%.

Meskipun Zenbook S 13 OLED sangat ringkas, laptop ini menyediakan semua koneksi yang dibutuhkan. Dua port USB-C® Thunderbolt™ 4 untuk mendukung pengisian daya yang cepat, menampilkan pada layar eksternal hingga 4K, dan transfer data hingga 40 Gbps. Sistem kamera yang inovatif dan teknologi audio ASUS AI Noise-Canceling, hadir dengan algoritme terbaru untuk membuat setiap panggilan konferensi menjadi lebih produktif.

Jadi, jelas kan bahwa ASUS Zenbook S 13 OLED adalah laptop versi sosok itu yang begitu pas. Syaratnya sudah jelas, yaitu harus ringan dan kuat, dilengkapi Windows 11 Home asli, memiliki prosesor yang kencang dan memori besar, desain futuristik yang gak malu-maluin, memiliki warna layar yang mumpuni sekelas OLED, serta baterai yang tahan lama.[]

Zenbook S 13 OLEDD

Main Spec. Zenbook S 13 OLED (UX5304VA)

CPU Intel® Core™ i7-1355U Processor 1.7 GHz (12MB Cache, up to 5.0 GHz, 10 cores, 12 Threads)
Operating System Windows 11 Home
Memory 16GB LPDDR5 on board
Storage 1TB M.2 NVMe™ PCIe® 4.0 Performance SSD
Display 13.3-inch, 3K (2880 x 1800) OLED 16:10 aspect ratio, 0.2ms response time, 60Hz refresh rate, 550nits HDR peak brightness, 100% DCI-P3 color gamut, 1,000,000:1, VESA CERTIFIED Display HDR True Black 500, 1.07 billion colors, PANTONE Validated, Glossy display, 70% less harmful blue light, TÃœV Rheinland-certified, SGS Eye Care Display, (Screen-to-body ratio) 85%
Graphics *Intel Iris Xᵉ Graphics is only available in models with Intel® Core™ i5/i7/i9 processors and dual-channel memory.
Input/Output 1x USB 3.2 Gen 2 Type-A
2x Thunderbolt™ 4 supports display / power delivery
1x HDMI 2.1 TMDS
1x 3.5mm Combo Audio Jack
Camera FHD camera with IR function to support Windows Hello
Connectivity Wi-Fi 6E(802.11ax) (Dual band) 2*2 + Bluetooth® 5.3 Wireless Card
Audio Smart Amp Technology
Built-in speaker
Built-in array microphone
harman/kardon (Premium)
with Cortana voice-recognition support
Battery 63WHrs, 2S2P, 4-cell Li-ion
Dimension 29.62 x 21.63 x 1.09 ~ 1.18 cm (11.66" x 8.52" x 0.43" ~ 0.46")
Weight 1.00 kg (2.20 lbs)
Colors Basalt Grey
Ponder Blue
Microsoft Office Microsoft Office Home & Student 2021
Power SupplyTYPE-C, 65W AC Adapter, Output: 20V DC, 3.25A, 65W, Input: 100-240V AC 50/60GHz universal
 

Post a Comment

0 Comments